5 Cara Fitness Mudah dan Sangat Efektif Dilakukan Para Kaum Hawa

Setiap wanita pasti ingin memiliki tubuh yang ideal dan terbentuk dengan sempurna. Untuk bisa mendapatkan tubuh yang ideal tidak bisa hanya diam diri di rumah saja. Anda harus melakukan exercise secara rutin setiap harinya dan konsumsi makanan yang sehat. Olahraga secara rutin dapat membantu membentuk otot-otot tubuh dan menjaga kesehatan tubuh. Olahraga baiknya dilakukan 3-4 kali dalam seminggu. Dengan begitu akan terjadi perkembangan yang signifikan. Banyak orang yang malas melakukan exercise karena tidak ada waktu atau malas. Untuk melakukan exercise anda harus melakukan tahapan yang benar. Supaya tidak terjadi cidera dan hasilnya maksimal. Inilah cara fitness mudah bagi para wanita yang tidak membutuhkan waktu lama.

 

Warm Up (Pemanasan)

edit15

Dalam melakukan cara fitness mudah, anda harus melakukan pemanasan atau warm up terlebih dahulu. Ini sangat penting dilakukan dalam setiap memulai olahraga. Pemanasan bertujuan untuk membuat otot-otot tidak kaku dan meminimalisir terjadinya cidera. Anda bisa melakukan pemanasan sekitar 5-1- menitan saja. Dengan melakukan pemanasan, otot akan lebih siap menerima latihan yang berat. Kalau anda tidak melakukan pemanasan, kemungkinan terjadinya cidera lebih besar. Hal ini dikarenakan otot masih kaku dan belum siap menerima latihan yang berat. Contoh pemanasan adalah dengan cara memutar tangan ke depan, belakang dan samping. Bagian kaki bisa anda gerakan secara memutar secara perlahan.

 

Stretch (Peregangan)

pereganganCara fitness mudah yang harus anda lakukan adalah stretch atau peregangan. Banyak orang yang berpikir kalau pemanasan dan peregangan adalah hal yang sama. Padahal dua hal tersebut sangatlah berbeda. Pemanasan dilakukan ketika otot-otot masih belum panas. Sedangkan peragangan dilakukan setelah otot dalam keadaan otot. Oleh karena itu banyak orang yang mengalami cidera karena melakukan tahapan yang salah. Peregangan bertujuan untuk membuat otot lebih lentur dan elastis. Anda bisa melakukan fitness selama 5 sampai 10 menit. Contoh peregangan antara lain dengan memanjangkan kaki, mengangkat satu kaki dengan tangan, dan lainnya. Yang jelas semua gerakannya seperti sedang merentangkan sesuatu.

 

Aerobik

aerobicTahapan selanjutnya dalam cara fitness mudah adalah aerobic. Aerobic harus dilakukan kurang lebih selama 30 menit. Anda bisa menggunakan musik supaya lebih menyenangkan. Ada 3 tahapan aerobik. Pertama low impact yaitu gerakan yang intensitasnya rendah. Anda bisa memulai dengan musik yang slow dengan menghentakkan kaki ringan. Untuk para pemula dan orang lanjut usia lebih baik menggunakan aerobic low impact saja. Kedua high impact yaitu gerakan aerobik yang intensitasnya tinggi. Biasanya menggunakan musik yang keras. Ketiga mix impact yaitu campuran antara high impact dan low impact. Yang paling sering digunakan adalah mix impact karena tidak membuat badan cepat lelah dan gerakannya lebih bervariasi.

 

Angkat Beban

Selain aerobik, anda juga bisa menggunakan angkat beban dalam cara fitness mudah. Seperti namanya angkat beban, berarti anda membutuhkan alat bantu. Angkat beban bisa membantu membentuk otot bagian tangan, dada dan lengan. Lakukan latihan angkat bebas kurang lebih selama 20 menit. Untuk pemula lebih baik menggunakan beban yang kecil terlebih dahulu. Nanti dilatihan selanjutnya bisa menambahkan bebannya.

angkat beban

 

Cooling (Pendinginan)

pendinginan

Setelah melakukan semua latihan, kini saatnya anda melakukan pendinginan atau cooling. Pendinginan sangat penting dilakukan pada saat melakukan olahraga. Pendinginan bertujuan untuk membuat otot-otot lebih releks dan tubuh kembali dalam keadaan semula. Setelah melakukan olahraga tubuh tidak bisa langsung kembali ke semula. Anda bisa melakukan pendinginan dengan cara jalan santai, peregangan dengan mengatur nafas atau beristirahat. Buatlah nafas anda kembali teratur. Itulah tahapan cara fitness mudah yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba.