Hawa Gym adalah satu-satunya tempat fitness yang khusus menggarap pasar wanita. Sejak ditawarkan dengan konsep waralaba, perkembangannya cukup pesat dan sukses meraih Startup Business Market Leader Award tahun ini.

 

Penilis: Julhan Sifadi

market-leader-awardHingga September 2016, Hawa Gym telah tercatat memiliki 40 ccabang yang tersebar di beberapa kota seperti Bali, Nusa Tenggara, dan Bandung. Perusahaan yang berdiri sejak 1 Agustus 2001 ini awalnya hanya ruangan kecil. Tetapi siapa sangka, sejak membuka konsep pusat fitness dan sanggar senam khusus wanita, ia terus berkembang pesat. “pada saat itu masih belum ada pesaing di kelas kita, dan Hawa Gym mendapatkan respon yang sangat bagusuntuk para member-member”, kata Mardi Soemitro, Chief Executive Officer Hawa Gym.

Dengan berada pada kelas atau level menengah, dan harga join member yang terjangkau, fasilitas olahraga yang lengkap, membuat member lebih banyak join di Hawa Gym. “Cabang kami yang tersebar di dekat-dekat perumahan pun terjangkau dengan member yang ingin berolah raga ditempat kami,” papar Mardi.

Selain menawarkan fasilitas untuk berolah raga, Hawa Gym juga melayani produksi, service, sparepart, dan sales peralatan fitnes. Selain Hawa Gym yang fokus kepada pasar wanita, juga ada dua merek yang ditawarkan kepada mitra yaitu Adam Gym khusus untuk pria dan Master Gym untuk pria dan wanita.

“Keunggulan utama yaitu Hawa Gym adalah satu-satunya sarana olah raga khusus kaum wanita yang ada di Indonesia dengan merek lokal asli indonesia juga,” terang mardi.

Hawa Gym lanjut Mardi, memiliki 4 program latihan yang dapat membantu member dalam targetnya untuk berolah raga. Melalui konsep investasi waralaba, kini Hawa Gym memiliki standarisasi gedung minimal 100m hingga 200m, sehingga biaya sewa yang dikeluarkan pun tidak terlalu tinggi. “sehingga siapapun dapat memiliki usaha ini dengan cara franchise,” tegasnya.

Bisnis ini pun memiliki peluang pasar yang sangat besar. Selain dikelola dengan tim yang professional, Hawa Gym juga menjadi solusi bagi kaum hawa atau wanita dalam memilih sarana olah raga yang menjaga privasi dalam berolah raga, sehingga bebas dan nyaman untuk berolah raga.

“Karena kami satu-satunya yang bermain di segmen khusus wanita, maka bisa disimpulkan kami menguasai sepenuhnya pasar khususnya wanita,” kata Mardi lagi.

Tahun 2016 Hawa Gym mendapat penghargaan Market Leader Franchise 2016 setelah dilakukan riset oleh Dinamic Marketing dan Majalah Franchise Indonesia. Riset tersebut dilakukan selama tiga bulan terakhir terhadap lebih dari 400 merek waralaba yang ada di Indonesia. “kami terus melakukan perbaikan-perbaikan, penguatan kualitas SDM kepada member dan perbaikan pada sarana dan prasarana penunjang dalam berolah raga khusus wanita,” ucap Mardi.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, Hawa Gym selalu berkomitmen dalam perbaikan di aspek pelayanan dan sarana prasarana agar terus ditingkatkan sehingga menjadi nyaman berolah raga. Serta selalu menjadi pilihan dalam berolah raga bagi member khususnya wanita, serta mengikuti sistem dan konsep yang berorientasi pada online marketing atau sosial media.