Inilah Latihan Kardio Yang Paling Banyak Membakar Lemak Tubuh

tips-fitness-untuk-wanitaMemiliki berat badan berlebih memang sangat menyebalkan. Entah bagi wanita maupun pria. Tak hanya membuat penampilan menjadi kurang menarik, tetapi juga membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Untuk membakar lemak tidak cukup hanya mengurangi makan saja. Menurut ahli kesehatan menurunkan berat badan lebih baik dengan excersis dibandingkan harus mengurangi makan. Exersice atau olahraga akan membuat tubuh lebih sehat, sedangkan mengurangi makan malah akan membuat tubuh semakin lemak. Salah satu olahraga yang paling ampuh membakar lemak adalah olahraga kardio.

Inilah latihan kardio yang paling banyak membakar kalori dalam tubuh.

Lari

Latihan kardio lari bisa membakar lemak sekitar 600 kalori perjamnya. Ketika melakukan lari hampir semua otot ditubuh akan bergerak. Inilah yang membuat pembakaran lemak lebih efektif. Lari dapat meningkat metabolism dalam waktu yang lama dan membuat kesehatan kardiovaskuler lebih bagus. Dengan lari akan melatih otot kaki anda seperti hamstring, hop fleksor, betis dan quadriceps. Jika anda sering lari akan membantu mencegah proses osteroporosis. Untuk para pemula cobalah lari tiga kali dalam seminggu. Lari selama 30 menit tanpa berhenti. Mulailah dengan lari pelan kemudian tambah kecepatan sedikit demi sedikit.

Skipping

Skipping merupakan latihan kardio yang sangat mudah dilakukan. Anda tak perlu keluar rumah. Skipping dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan lari. Dalam satu jam dalam membakar kalori sebanyak 1000 kalori. Skipping juga bisa membantu memperkuat otot bahu dan betis. Tak hanya itu saja, skipping juga bisa membuat jantung lebih sehat. Latihan skipping membutuhkan kesabaran, kekuatan dan fokus yang tinggi. Untuk pemula anda bisa melakukan skipping seminggu 3 kali. Lakukan selama 1 jam setiap setnya. Di awal mungkin anda akan berhenti dibeberapa hitungan. Istirahat sebentar kemudian teruskan skiiping anda lagi.

Berenang

Berenang bisa menjadi latihan kardio yang sangat efektif membakar lemak. Pada saat berenang hampir semua otot di tubuh kita berkontraksi. Selain membuat tubuh sehat, berenang juga membuat tubuh lebih segar. Satu jam berenang dapat membakar lemak sebanyak 600 kalori. Berenang memiliki teknik gerakan yang banyak. Sebenarnya setiap gerakan memiliki fungsi masing-masing untuk memperkuat otot. Untuk pemula bisa melakukan gaya bebas terlebih dahulu. Tetapi cobalah untuk berlatih gaya lainnya, supaya bisa melatih otot yang lainnya. Berenang bisa mengurangi cidera, membuat tubuh lebih bugar dan membantu mencegah timbulnya tumpukan lemak.

HIIT

Latihan kardio satu ini sedang sangat popular. Latihan hiit memang sangat ampuh membakar kalori lebih cepat dan lebih banyak. HIIT atau high intensity interval training. Untuk melakukan latihan ini memang membutuhkan intensitas dan kekuatan yang lebih tinggi. Ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan, jika melakukan latihan ini secara rutin. Manfaatnya seperti mengurangi produksi insulin,. Meningkatkan hormone yang membantu proses pembakaran lemak dan meningkatkan system metabolism lebih cepat.

Semua latihan kardio diatas mampu meningkatkan dan mempertahankan metabolism lebih lama. Ketika system metabolism didalam tubuh kita berjalan dengan baik, maka pembakaran lemaknya juga berlangsung dengan bagus. Semakin tinggi system metabolism, semakin tinggi pula proses pembakaran kalorinya. Selain melakukan latihan secara teratur, anda juga harus menjaga pola makan yang baik. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.
Deskripsi: latihan kardio yang paling efektif membakar lemak antara lain lari, berenang, hiit dan skipping.