Beberapa panduan dan pemahaman tentang Treadmill agar latihan anda lebih maksimal

edit 16Di gym, ada banyak sekali alat-alat fitnes. Setiap alat fitnes memiliki fungsi dan cara pemakaian yang berbeda-beda. Salah satu alat fitnes yang pasti ada di kebanyakan gym adalah treadmill. Selain itu, treadmill juga merupakan salah satu alat dan latihan favorit baik oleh pemula ataupun profesional. Lalu, apakah sebenarnya fungsi dari treadmil dan bagaimana cara menggunakan treadmill? Jika anda tertarik untuk menggunakan treadmill, sebaiknya perhatikan dahulu pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Treadmill?

Sebelum mengetahui cara menggunakan treadmil, sebaiknya kita bahas dulu pengertian tentang treadmill. Treadmill adalah sebuah alat fitness yang berfungsi untuk latihan kaki. Cara kerjanya adalah dengan anda berjalan atau lari di atasnya. Alat ini sangat mudah digunakan dan menyenangkan karena kita bisa mengatur kecepatannya sendiri, dari mulai pelan, sedang dan cepat. Jika kecepatannya pelan, anda bisa berjalan di atasnya, tetapi jika anda ingin lari, anda bisa menambah kecepatannya. Itulah gambaran umum cara penggunaan treadmill.

Apa Saja Fungsi Treadmill?

Selain cara menggunakan treadmill, anda juga perlu mengetahui apa saja fungsi dari alat fitness ini. Biasanya, tredmill digunakan untuk pemanasan dan pendinginan karena memang latihan treadmill adalah salah satu cara pemanasan dan pendinginan yang paling menyenangkan. Dari segi manfaat, treadmill bekerja untuk melatih otot kaki seperti paha, betis, hingga jari. Treadmill sangat cocok juga untuk tujuan penurunan berat badan karena termasuk latihan kardio sehingga efektif untuk membakar lemak. Dengan banyaknya manfaat alat ini, anda harus mengetahui cara latihan treadmill dengan benar.

Bagaimana Cara Menggunakan Treadmill?

edit7Setelah mengetahui pengertian dan fungsinya, mari kita perhatikan cara menggunakan treadmill. Untuk menggunakan treadmill, anda harus mengatur kecepatannya terlebih dahulu. Sebaiknya anda atur kecepatannya secara perlahan dahulu. Setelah beberapa menit, naikkan kecepatannya menjadi sedang. Kemudian, naikkan lagi hingga menjadi lebih cepat. Jadi, gerakan anda juga harus menyesuaikan dari jalan, lari pelan, dan lari lebih cepat. Setiap treadmill memiliki kecepatan maksimal yang berbeda-beda. Jadi, jika anda ingin kecepatan yang lebih, lihat dulu berapa kecepatan maksimalnya. Ini adalah salah satu tips latihan treadmill yang pertama.

Setelah itu, anda juga bisa menggunakan derajat incline, salah satu fitur dari treadmill meskipun tidak semua treadmill memiliki fitur ini. Derajat incline membuat landasan kaki pada treadmill sedikit menanjak sehingga menambah kekuatan otot kaki anda. Misalnya, anda cukup menggunakan derajat inclune sekitar 3 derajat saja. Semakin tinggi derajat incline, semakin berat latihan anda. Namun, hal ini bisa membuat anda membakar lemak lebih cepat. Selain itu, derajat incline juga sangat bermanfaat untuk menambah stamina. Jadi, jangan sia-siakan fitur dari treadmill yang sangat bermanfaat ini. Ini merupakan salah satu cara menggunakan treadmill yang sangat bermanfaat.

Treadmill biasanya digunakan untuk pemanasan sebelum latihan yang lebih berat. Akan tetapi anda juga perlu melakukan pemanasan sebelum menggunakan treadmill. Salah satu pemanasan yang paling baik adalah peregangan. Anda bisa memulai pemanasan peregangan dari tangan, leher, pinggang, hingga kaki. Pemanasan membuat otot tidak kaku. Jadi, resiko cidera saat latihan fitness lebih kecil termasuk saat melakukan latihan tredmill. Pemanasan sebelum treadmill cukup beberapa menit saja sedangkan penggunaan treadmill yang ideal adalah sekitar 15 hingga 30 menit. Sekarang, apakah anda sudah paham cara menggunakan treadmill dengan benar?