Daun Singkong, Sejuta Manfaat dan Mudah Didapat

Negara Indonesia merupakan salah satu negara dengan produksi singkong terbesar di Dunia. Jika diingat lagu musisi legendaris Koes Plus yang mengatakan “Kayu dan Tanah Jadi Tanaman” di salah satu lagunya memang benar adanya. Mengapa tidak, Anda cukup menancapkan batang singkong di halaman atau di pekarangan rumah saja sudah bisa tumbuh. Mengenai singkong, tumbuhan ini selain mudah ditanam juga sangat mudah di jumpai di pasaran dengan harga yang cukup murah. Singkong tidak hanya dapat di manfaatkan buahnya, namun ada bagian lainnya yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan, yaitu pada daunnya. Masyarakat Indonesia memang tidak bisa dipisahkan dengan daun singkong. Daun ini biasa di masak dan dijadikan sayuran, apalagi jika menengok masakan Padang, tidak bisa dikatakan masakan Padang jika tanpa daun singkong. Namun, tidak banyak yang tahu apa sebenarnya manfaat daun beruas ini.

Berikut ini beberapa manfaat yang wajib Anda ketahui dari daun singkong.

  • Meningkatkan Imun atau Daya Tahan Tubuh Manusia

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun singkong amat kaya dengan vitamin C, sehingga sangat baik untuk menjaga daya tubuh manusia agar tetap fit dan tidak mudah terkena penyakit. Namun, untuk mendapatkan daya tubuh yang kuat dan maksimal, mengkonsumsi daun singkong pun harus diimbangi dengan olahraga dan pola makan yang sehat.

  • Mengobati Penyakit Stroke

Penyakit Stroke biasa terjadi karena rendahnya isoflavon yang diproduksi oleh tubuh. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi daun singkong yang mengandung isoflavon cukup tinggi dapat mengurangi dampak terserangnya penyakit ini.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat sensitif dan rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, Anda harus menyadari pentingnya melakukan perawatan dan menjaga kesehatannya. Salah satu adalah dengan mengkonsumsi daun singkong yang penuh akan vitamin A yang dibutuhkan oleh mata. Cukup mengkonsumsi daun singkong tiga kali dalam seminggu sudah cukup untuk menjaga kesehatan mata Anda agar tetap segar.

  • Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium dan fosfor yang lebih menjadikan daun singkong sebagai salah satu obat yang tepat untuk mengurangi resiko terkena osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang Anda.

  • Penyembuh Luka

Daun singkong juga mengandung serat dan zat besi yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi dampak bekas luka.