Tips-Tips Nge-Gym Untuk Pemula

Hai girls, buat kalian para wanita latihan fitness digunakan tidak hanya untuk kesehatan, namun juga digunakan untuk melangsingkan tubuh atau membentuk tubuh yang ideal. Akan tetapi tidak jarang juga wanita yang belum mengetahui bagaimana panduan fitness untuk pemula wanita yang baik dilakukan. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal dengan fitness, Anda bisa berlatih 3 kali seminggu saja. Rekomendasi yang dikeluarkan para ahli saat ini adalah melakukannya 2-3 hari per minggu, setidaknya 30 menit per hari. Berikut adalah panduan fitness untuk kalian para wanita yang perlu Anda ketahui :

1. Melakukan Pemanasan 

Perhatikan dalam panduan fitness untuk pemula yaitu melakukan pemanasan. Pemanasan ini hendaknya Anda lakukan sebelum melakukan gerakan fitness. Anda bisa melakukan peregangan otot ringan pada seluruh bagian tubuh. Pemanasan ini bermanfaat untuk membantu mengurangi terjadinya cidera ketika Anda melakukan latihan fitness.

3 gerakan pemanasan yang bisa anda lakukan diantaranya yaitu :

Reverse LungeLunges

Gerakan ini dilakukan dengan berdiri sembari melebarkan kedua kaki sesuai lebar bahu. Kemudian Anda bisa berdiri tegak, tarik kaki kiri 1 langkah ke belakang dan turunkan badan Anda ke depan lutut sebanyak 90sampai lutut menyentuh lantai. Tarik nafas dalam-dalam, kemudian dorong tubuh hingga keposisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

 

 

 

 

Lateral Lungedownload (1)

Gerakan ini bisa dilakukan dengan memposisikan jari kaki menghadap kedepan. Alihkanlah berat badan ke kaki sebelah kiri, kemudian bungkukkan lutut Anda dan doronglah pinggul ke sebelah kiri. Tarik nafas dalam-dalam sembari menggerakkan tubuh Anda ke posisi semula. Lakukanlah gerakan ini sebanyak 10 kali.

 

 

 High-Knee-Skips 1

High Knee Skip

Gerakan ini dilakukan dengan cara berdiri tegak. Setelah itu, angkatlah lutut kanan Anda setinggi mungkin sesuai yang anda bisa. Ayunkanlah tangan kiri Anda ke arah depan (bergantian dengan tangan kanan). Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

 

2. Memahami Fungsi Dari Alat Fitness Serta Cara Menggunakannya

Hal ini juga merupakan faktor penting yang harus Anda pahami sebelum melakukan fitness. Anda harus mengetahui semua fungsi dari alat fitness yang hendak Anda gunakan, beserta dengan cara menggunakannya. Dalam latihan fitness, ada banyak sekali alat fitness yang digunakan. Jadi Anda harus mengetahuinya agar latihan fitness yang Anda lakukan menjadi lebih maksimal. Untuk mengetahuinya Anda bisa bertanya pada instruktur fitness Anda secara detail.

3. Ketahui Berat Beban Dan Cara Yang Benar Menggunakan Alat Fitness

Kebanyakan orang bingung ketika pertama kali masuk gym, tapi kebanyakan mereka ini hanya takut bertanya untuk meminta bantuan.

Kalau tidak tahu, tanya deh. Di gym ada banyak orang yang akan membantu program fitness Anda dengan alat-alat yang ada di gym, dan dengan bertanya akan membantu Anda terhindar dari cidera yang disebabkan oleh Anda sendiri.

Karena malas bertanya, para pemula langsung memulai latihan dengan beban paling berat yang bisa mereka angkat. Padahal seharusnya dimulai dari yang paling ringan dulu. Menyarankan agar tidak meningkatkan berat dulu dalam setiap minggunya, agar tidak cidera dan bisa mendapatkan manfaat yang terbaik dari fitness.

Kebanyakan gym punya banyak petugas yang siap siaga untuk membantu Anda menjelaskan bagaimana cara yang benar menggunakan alat tertentu, sekaligus memberi tahu apa fungsi alat tersebut.

4. Ketahui Kapan Waktu Untuk Beristirahat

Anda mungkin berpikir nge-gym setiap hari itu baik. Padahal  kita perlu istirahat juga kok untuk mengimbangi waktu olahraga, karena bila tidak ada waktu istirahat, tubuh dan otot tak punya waktu untuk memulihkan diri.

“Jika Anda tidak memberikan waktu istirahat untuk tubuh Anda memulihkan dan memperbaiki diri, performa Anda akan turun dan Anda akan sulit pulih sepenuhnya,”.

Jika Anda merasa sakit atau nyeri setelah nge-gym (bukan karena cidera), itu baik, karena artinya otot Anda sudah mulai merasakan efeknya. menyarankan untuk tidak menggunakan obat penghilang rasa sakit dan biarkan pulih secara alami.

5. Latihan Rutin

Untuk membantu mensukseskan panduan fitness untuk pemula wanita yang hendak Anda lakukan, Anda diwajibkan untuk melakukannya secara rutin dan teratur. Selain itu, Anda juga harus menjaga pola makan Anda. Konsumsilah makanan sehat setiap hari, bisa juga didampingi dengan suplemen atau vitamin.

Demikianlah panduan fitness untuk pemula wanita yang hendaknya Anda perhatikan dengan baik. Selain memperhatikan beberapa hal di atas, Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi air mineral dengan cukup dan juga istirahat teratur. Dengan demikian, program latihan fitness yang Anda lakukan akan membuahkan hasil yang maksimal.