Manfaat Senam Aerobik

Haloo girls, apa kabar di hari yang cerah ini ? Apakah hari ini sudah memulai hidup sehat ? Mari sekarang kita membahas tentang manfaatnya aerobik untuk melindungi jantung telah diketahui secara luas. Tapi aerobik tidak hanya bermanfaat bagi jantung dan otot. Manfaat lain dari aerobik meliputi :

menghilangkan-selulite-dengan-aerobik

1. Fungsi jantung yang lebih baik : Jantung mendapatkan lebih banyak darah per denyut. Ini berarti bahwa denyut jantung berkurang pada saat relaksasi dan selama aerobik.

2. Berat badan : Selama aerobik tubuh membakar lemak dan sebagai hasilnya total lemak tubuh berkurang.

3. Meningkatkan kesehatan mental : Aerobik secara teratur akan melepaskan endorfin, yaitu penghilang rasa sakit alami tubuh, yang antara lain dapat mengurangi stres, kecemasan dan depresi.

4. Membantu sistem kekebalan tubuh : Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang melakukan aerobik secara teratur tidak rentan terkena infeksi virus ringan seperti pilek atau flu.

5. Mengurangi penyakit : Kelebihan berat badan merupakan faktor yang meningkatkan resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes dan beberapa jenis kanker. Resiko mendapatkan beberapa penyakit ini menurun saat kita menurunkan berat badan. Ada data yang menunjukkan bahwa berjalan dapat mengurangi risiko osteoporosis dan komplikasi yang terlibat. Sementara olahraga seperti berenang dan aerobik air dapat membantu orang yang terkena arthritis.

6. Memperpanjang umur : Penelitian oleh Universitas Harvard, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1986, mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya ada hubungan ilmiah antara olahraga dan umur panjang. Semenjak itu, penelitian lain mulai menegaskan pernyataan awal ini.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh : Mungkin selama atau setelah aerobik Anda merasa kelelahan, namun aerobik dalam jangka panjang akan meningkatkan kekuatan dan membuat Anda tidak cepat lelah.

8. Meningkatkan kesehatan otot : Aerobik mendorong pengembangan pembuluh darah mikroskopis yang menyediakan jumlah oksigen yang cukup dalam otot dan menjauhkan dari limbah metabolisme otot seperti asam laktat. Proses ini dapat mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh mereka yang menderita nyeri otot kronis dan sakit punggung.

9. Meningkatkan konsumsi maksimum oksigen oleh tubuh.

10. Meningkatkan kardiovaskular dan fungsi kardiovaskular.

11. Meningkatkan pasokan darah ke otot-otot dan kemampuan untuk menyerap oksigen dengan lebih baik.

12. Menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

13. Menurunkan akumulasi asam laktat yang menyebabkan rasa sakit dan terbakarnya otot.

14. Tekanan darah diastolik dan sistolik terendah pada pasien yang menderita hipertensi (tekanan tinggi).

15. Peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

16. Mengurangi tingkat trigliserida dalam darah.

17. Peningkatan metabolisme glukosa mengurangi resistensi insulin, dan karena itu menurunkan risiko terkena diabetes.

18. Mengurangi stres psikologis, meningkatkan suasana hati (mood) dengan menambah vitalitas, mengurangi risiko depresi atau kecemasan.

19. Menambah daya tahan terhadap rasa letih.

20. Membantu kita untuk tidur lebih baik.