Tips Diet Untuk Penderita Maag

Hai girls, dari kalian yang ingin diet tapi mempunyai masalah dengan penyakit maag pasti suka sedih dan bingung memilih tips bisa diet tapi penyakit tidak kumat. Maag merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan dalam tubuh, tepatnya bagian lambung.

Well, artikel ini akan menjelaskan tentang diet untuk penderita maag dalam mencapai berat badan ideal. Mereka yang memiliki berat badan berlebih di atas berat badan ideal, melakukan program diet agar mencapai berat badan ideal walaupun Anda kini memiliki penyakit maag, Anda dapat simak selengkapnya di bawah ini :

29111_sksk

  1. Diet untuk penderita maag dengan cara membuat jadwal serta pola makan teratur. Buatlah jadwal serta pola makan yang teratur saat memulai program diet. Bagi penderita maag jadwal pola makan Anda tiap tiga jam sekali dengan mengkonsumsi makanan dengan jumlah atau porsi kecil-kecil. Hal ini untuk mencegah sakit maag kambuh karena perut yang dibiarkan kosong terlalu lama bisa menaikkan asam lambung.
  2. Diet untuk penderita maag dengan cara pantang makanan pemicu asam lambung. Bagi penderita sakit maag sebaiknya hindari konsumsi makanan pemicu asam lambung seperti makanan pedas, tart, dan keju. Buah-buahan dan sayur-mayur seperti buah nangka, durian, kedondong, kol, dan sawi sebaiknya juga dihindari. Jangan minum minuman yang memicu produksi asam lambung seperti sari dari buah sitrus, kopi, minuman beralkohol, dan anggur putih. Makanan yang boleh dikonsumsi seperti buah pisang dan bubur.
  3. Diet untuk penderita maag dengan cara memperkecil jumlah makanan yang dimakan. Pola makan diubah menjadi tiga jam sekali yang dilengkapi dengan memakan setengah porsi dari porsi makanan biasanya. Perkecil porsi makanan Anda untuk membantu diet Anda. Konsumsi dan ganti makanan ringan Anda dengan buah-buahan segar dan bila Anda ingin minum sebaiknya minumlah teh tanpa gula atau susu yang rendah lemak.
  4. Diet untuk penderita maag dengan cara menentukan target penurunan berat badan secara bertahap. Jangan tergesa-gesa ingin segera menurunkan berat badan karena hal itu akan membuat kita menjadi tidak sabar dan sengaja untuk terlambat makan. Buatlah target secara bertahap sebagai contoh 4 Kg sampai 9 Kg sebagai target pertama. Apabila sudah berhasil mencapai target awal barulah bisa lanjut ke target selanjutnya begitu seterusnya sampai mencapai berat badan ideal Anda.
  5. Diet untuk penderita maag dengan cara olahraga teratur dan perbanyak minum air putih. Diet akan berhasil dan mencapai hasil maksimal dengan dilengkapi olahraga secara teratur. Tidak perlulah melakukan olahraga berat, olahraga bisa dilakukan dengan ringan seperti jalan-jalan maupun jogging di pagi hari. Setiap hari jangan lupa minum air putih minimal delapan gelas sehari karena air putih membantu kerja sistem pencernaan dan menetralkan racun.
  6. Diet untuk penderita maag dengan cara mengonsumsi obat maag. Bagi mereka penderita maag akut dapat mengonsumsi obat maag sebelum makan. Anda bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan obat maag yang tepat dan aman untuk diminum saat melakukan diet. Sama halnya saat orang berbuka puasa, bagi mereka yang beresiko terkena maag atau memiliki sakit maag akut biasanya meminum obat maag cair sebelum berbuka puasa. Anda bisa mencontoh hal tersebut.
  7. Diet untuk penderita maag dengan cara memilih cemilan tepat dan sehat. Jika sebelumnya Anda memilih cemilan dengan kandungan gula dan kalori yang tinggi untuk mengganjal rasa lapar Anda, Anda kini dapat mengubah cemilan tersebut dengan berbagai jenis buah yang tidak asam. Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan sehat untuk diet bagi penderita maag, yang diantaranya seperti pepaya, melon, semangka untuk keberhasilan program diet, yang sedang Anda jalani.
  8. Diet untuk penderita maag dengan cara olahraga secara rutinCobalah untuk sering menggerakkan badan seperti nge-gym kecil. Nge-gym pun bisa Anda lakukan hal ini secara rutin setiap hari sebagai pembakar lemak dalam tubuh Anda. Namun jika Anda melakukan nge-gym, semakin maksimal akan semakin membantu Anda dalam menjalankan program diet Anda, dan pastinya tubuh Anda akan sehat.