Khasiat Dan Manfaat Tauge Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa sih yang tak kenal dengan makanan yang satu ini. Tauge namanya, biasa kita temui dalam makanan soto, pecel dan lainnya. Tauge sudah sangat terkenal di Indonesia. Namun siapa sangka makanan ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain tauge, makanan ini juga biasa disebut dengan kecambah. Tauge terdiri dari vitamin B, C, B1, B6, K dan A. Selain itu, tauge juga menjadi sumber makanan yang kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan mangan, serta asam lemak omega 3. Tauge sangat baik untuk digunakan sebagai sumber enzim bagi tubuh. Enzim digunakan tubuh kita untuk meningkatkan energi sehingga tubuh akan terasa sehat dan bugar. Tauge memiliki kandungan oksigen yang banyak, sehingga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, menghilangkan bakteri, meningkatkan mekanisme pertahanan, dan yang lain. Tauge atau kecambah bisa dikonsumsi matang dan mentah. Namun ada yang berpendapat bahwa tauge atau kecambah harus dikonsumsi matang untuk mencegah resiko E coli yang mengkontaminasi sayuran. Namun jangan terlalu lama dalam memasak tauge karena akan mengurangi kadar vitamin.

Manfaat Tauge Bagi Kesehatan

d7b41159ecccbeee34331754583c9f91

Mencegah Kanker

Tauge membantu pengeringan partikel berbahaya dalam usus besar. Dengan menekan kotoran langsung meninggalkan usus besar, sehingga hampir tidak ada zat beracun dalam kotoran yang dapat menyerap seluruh tubuh. Dan juga akan menghindari penumpukan senyawa beracun yang dapat meningkatkan berkembangnya bibit kanker.

Mencegah Serangan Jantung Dan Stroke

Orang-orang yang menderita stroke dan serangan jantung dikarenakan peningkatan kadar lemak darah. Oleh karena itu dianjurkan mengkonsumsi tauge karena tauge bisa membantu menghilangkan kolesterol jahat tanpa mengganggu lemak HDL.

Untuk Pencegahan Osteoporosis

Estrogen dalam tauge atau kecambah akan meningkatkan ketebalan tulang, struktur tulang dan menghentikan kebusukan tulang.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tauge membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan meningkatkan aktivitas sel-sel pembuluh darah khususnya limfosit T-sel serta interferon.Tauge kaya akan anti-oksidan yang membangun-up tubuh dari radikal bebas.

Baik Untuk Pencernaan

Tauge sangat baik untuk menjaga tingkat keasaman lambung serta membantu pencernaan. Kandungan serat yang dapat dengan mudah membantu meningkatkan kontraksi saluran pencernaan, sehingga membantu memperlancar buang air besar.

Meningkatkan kesuburan

Tauge sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E, khususnya vitamin E-alpha, dapat membantu dalam meningkatkan kesuburan bagi laki-laki.

Baik Untuk Kulit

Tauge juga bisa digunakan untuk kacantikan kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan tauge yang kaya akan vitamin E.

Untuk Menurunkan Berat Badan

Tauge merupakan makanan yang hampir tidak mengandung lemak. dalam 124 gram tauge hanya mengandung 0,11 gram lemak. Oleh karena itu tauge sangat cocok untuk diet.

Mencegah Gangguan Menstruasi Dan Menopause

Kandungan De-oksidasi dalam tauge dapat dengan mudah meningkatkan aliran darah untuk menghidari serta menetralkan faktor-faktor yang dapat menimbulkan penyakit. Jika Anda sering mengkonsumsi kecambah sebelum periode bulanan dapat membantu menghindari masalah di seluruh menstruasi. Mengkonsumsi kecambah seperti sumber vitamin E juga dapat membantu menghindari gangguan panas yang dirasakan dalam pra menopause

Baik Untuk Wanita

Mengkonsumsi tauge secara teratur oleh wanita dapat membantu mereka mencegah kanker payudara, masalah haid, gejala pra-menopause, serta masalah karena menopause.

Dengan begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, kita harus bersyukur karena tauge bisa tumbuh dengan mudah dan harganya pun murah. Jangan lupa bagikan kepada teman-teman tentang manfaat tauge bagi kesehatan tubuh kita.