Manfaatnya Dan Cara Pendinginan Setelah Fitness

Hai ladies, di sini akan dibahas mengenai gerakan pendinginan (cool down) dan manfaat gerakan pendinginan setelah fitness dibawah ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi rasa sakit otot pada tubuh. Salah satu manfaat pendinginan ialah mengurangi rasa sakit otot pasca-latihan. Ketika selesai berolahraga, dan jika diselesaikan secara tiba, maka otot juga akan berhenti bekerja keras memompa darah ke jantung. Nah sama halnya setelah kalian melakukan olah otot, membakar lemak tubuh, diperlukan juga yang disebut dengan pendinginan atau biasa disebut dengan peregangan otot setelah fitness. Melakukan pendinginan setelah fitness akan membantu melancarkan darah, sehingga darah tidak akan berkumpul pada otot-otot yang menegang ketika fitness.

Manfaat Pendinginan Setelah Berolahraga

Jika kamu sudah melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga, sangat diwajibkan dan direkomendasikan untuk melakukan pendinginan, gerakan pendinginan ini akan membuat tubuh kembali menjadi tenang. Saat berolahraga, tekanan darah dan detak jantung akan meningkat sehingga menyebabkan tubuh bergejolak. Nah gerakan pendinginan sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah dan juga suhu tubuh menjadi normal kembali.

Jika kamu tidak melakukan pendinginan setelah fitness, suhu tubuh akan menjadi dingin dengan tiba-tiba yang bisa menyebabkan kalian merasa sakit pada esok hari. Hal ini akan membuat olahraga yang kamu lakukan hari sebelumnya menjadi sia-sia saja. Manfaat lain yang bisa kita dapat dari gerakan pendinginan ini adalah bisa mencegah perasaan pusing setelah latihan. Akan sangat tidak nyaman jika setelah selesai berolahraga, malah merasa sakit. Penyebab dari perasaan pusing ini sendiri adalah berasal dari berhenti bergerak secara tiba-tiba, otot tetap berkontraksi dan tegang namun detak jantung telah melambat. Hal ini dikarenakan tidak melakukan pendinginan setelah melakukan olahraga.

Seated Hamstring Stretch

091136_fitnes

Duduklah di lantai dengan posisi kedua kaki lurus ke depan. Sambil sedapat mungkin menjaga posisi dada mengarah ke depan dan kedua bahu ke belakang, raih ujung ibu jari kaki dan tahan selama 30-45 detik.

 a

 a

 a

 a

 a

 a

 a

 a

a

Quad Stretch

standingquadstretch_b05234a5796e5f609c529be2b058897f.today-inline-large

Mulai dengan posisi berdiri dan posisikan kedua kaki dan lengan berada di sisi badan Anda. Jika keseimbangan terganggu, gunakan kursi atau meja untuk berpegangan dengan tangan kanan Anda, lalu gunakan tangan kiri untuk menggenggam kaki kanan dengan posisi dibelakang (lihat gambar diatas). Tahanlah kurang lebih 30 hingga 45 detik kemudian lakukan langkah diatas menggunakan kaki sebaliknya.

a

a

a

a

a

a

a

a

a

a

a

Shoulder Stretch

shoulder stretch 1

Sambil menjaga agar dada dan bahu Anda ke belakang, tarik lengan kanan Anda menyilang melewati dada sampai Anda merasakan tarikan yang cukup nyaman, lalu tahan selama 30-45 detik. Ulangi dengan lengan kiri Anda.

Sambil menjaga agar dada dan bahu Anda ke belakang, tarik lengan kanan Anda menyilang melewati dada sampai Anda merasakan tarikan yang cukup nyaman, lalu tahan selama 30-45 detik. Ulangi dengan lengan kiri Anda.

 a

 a

 a

 a

 a

Arm Stretch

Shoulder-Stretches

Berdiri dengan kedua kaki, dada ke depan, dan bahu ke belakang. Julurkan lengan kanan lurus ke atas, lalu jatuhkan ke belakang kepala. Gunakan lengan kiri untuk menahan siku tetap di posisinya. Tahan posisi ini selama 30-45 detik sebelum kemudian berganti lengan.

a

a

a

a

a

a

a

a

a

Sky Stretch

sfidn-Sky-Stretch

Berdiri dengan kedua kaki dan angkat kedua lengan Anda ke atas, setinggi yang Anda mampu. Tahan posisi ini selama 10-15 detik. Ulangi 2-3 kali.