Olahraga Di Pagi Hari Yang Penuh Manfaat

Sebagian besar dari kamu mungkin tidak begitu tertarik dengan bangun di pagi untuk hal-hal yang dirasa kurang menyenangkan, apalagi hanya untuk berolahraga. Namun Angggapan “kurang menyenangkan” sepertinya kurang tepat untuk alasan ini, karena sebenarnya olahraga di pagi hari itu sangat menyenangkan jika sudah terbiasa.

Banyak orang tahu manfaat olahraga pagi bagi kesehatan, namun lebih banyak orang yang tidak tahu cara berolahraga di pagi hari secara benar. Akibatnya, seharian penuh badan terasa pegal-pegal dan kondisi fisik menurun. Pentingnya mengetahui teknik olahraga yang benar adalah supaya badan sehat, segar, dan kebugaran tubuh meningkat. Ini merupakan fakta, bukan mitos yang mengada-ada. Selain kesehatan terjaga, manfaat melakukan olahraga pagi adalah terhindar dari berbagai penyakit. Mulai dari sakit ringan seperti flu, demam, ataupun batuk, sampai penyakit ganas seperti serangan jantung, stroke, maupun gangguan pernafasan. berikut ulasan olahraga di pagi hari :

Awali Dengan Minum Air

Biasakan untuk meminum air putih atau air mineral sebelum berangkat berolahraga. Bahkan, akan lebih baik jika Anda rajin minum air putih setelah bangun tidur. Sebelum memulai olahraga, minumlah dua sampai tiga gelas air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi) sekaligus menjaga daya konsentrasi otak saat berolahraga.

Lakukan Pemanasan

pemanasan-pagi

Melakukan pemanasan sebelum olahraga pagi hukumnya wajib! Coba Anda bayangkan : setelah semalaman otot tubuh beristirahat, tiba-tiba Anda langsung memaksanya bergerak. Tentu otot-otot akan kaget dan beresiko terkena kram atau bahkan pusing-pusing sakit kepala.
Pemanasan atau stretching bisa dilakukan sekitar 5 – 10 menit dengan gerakan sederhana.

Angkat Beban

Jika mempunyai waktu luang yang cukup untuk berolahraga sebelum beraktivitas, Anda dapat melakukan olahraga angkat beban di klub olahraga. Atau bisa juga dengan membeli barbbell sehingga dapat melakukan olahraga angkat beban ini di rumah. Angkat beban merupakan olahraga untuk melatih kekuatan otot tangan dan dapat membuat jantung sehat.

Treadmill 

imageService

Treadmill dapat dilakukan sebelum beraktivitas baik itu di rumah maupun di tempat fitness. Treadmill memiliki manfaat seperti meningkatkan kecerdasan, menurunkan berat badan, memonitor kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan paru-paru, serta membentuk tubuh ideal.

a

a

a

a

a

a

a

Push-up 

resep-menu-diet

Saya yakin Anda sudah tahu dengan gerakan yang satu ini. Gerakan push-up melibatkan otot tangan, kaki dan perut. Namun apabila Anda belum merasa kuat melakukan push-up seperti cara biasa, Anda bisa mengganti lutut sebagai pengganti tumpuan kaki Anda. Push-up merupakan olahraga ringan yang cukup melelahkan dan dapat menghasilkan keringat.

Lompat Tali

skipping

Lompat tali memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah menurunkan berat badan dan mengencangkan otot. Lompat tali juga bisa membuat tinggi badan bertambah. Cukup lakukan 30 menit sehari untuk mendapatkan hasil maksimal dari lompat tali ini.