Halo ladies, pertama kali latihan fitness, memang besoknya badan akan terasa agak sakit dan pegal. Tetapi itu wajar bagi orang yang pertama kali ikut fitness, karena otot di tubuh kita ‘rusak’ dan terjadi pemecahan otot. Itu pun hanya 2 hari. Setelahnya tidak sakit lagi, karena tubuh kamu adaptasi dan lama-lama akan terbiasa. Pokoknya yang penting kita jangan malas dan kapok fitness cuma karena badan pegal, karena itu hanya permulaan saja. Setelah itu kamu sendiri yang merasakan manfaatnya.
Jika badan kamu terasa sakit-sakit setelah olahraga, terlebih saat pertama kali berolahraga, itu dialami kebanyakan orang pada umumnya. Karena hal ini, akhirnya orang malas untuk berolahraga.
Rasa sakit atau nyeri pada otot yang timbul merupakan masa adaptasi untuk membuat otot menjadi lebih kuat sehingga perlunya latihan lebih berat setelahnya. Ini masa pembentukan otot Anda, orang justru salah persepsi dan sebaiknya Anda tidak patah semangat atau justru berhenti berolahraga. Sebenarnya ini proses yang menguntungkan dengan begitu latihan Anda tidak sia-sia dan perlu di latih terus agar terbiasa.

c5d83d85-446d-4416-aa7d-f56a90385404_43

Jahe

Jahe dapat mengurangi kelelahan otot dengan cara melancarkan sirkulasi aliran darah. Jadi jahe bisa jadi solusi yang mudah di dapat untuk mengatasi rasa nyeri setelah latihan yang berat.

Meskipun jahe baik untuk dikonsumsi jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Cukup minum 1 – 2 gelas wedang jahe dalam sehari. Anda pasti tidak menginginkan sakit perut jika terlalu banyak dalam mengkonsumsi jahe.

Kopi

Berbahagialah karena di negara kita kopi sangat mudah ditemukan dan harganya juga ekonomis. Selain dapat meningkatkan energi saat latihan, kopi juga dapat meringankan nyeri setelah fitness. 1 cangkir kopi sebelum latihan cukup untuk meredakan rasa nyeri sekaligus meningkatkan tenaga saat angkat beban.

Pemanasan

Dengan melakukan gerakan kecil seperti merenggangkan otot yang sakit dapat melancarkan aliran darah di area tersebut dan memaksimalkan masuknya nutrisi ke otot, yang dapat mempercepat proses penyembuhan serat otot yang pecah.

Air Putih

Air putih telah terbukti sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Selalu usahakan sediakan 1 – 2 botol air mineral saat latihan agar otot selalu terhidrasi dan otot tidak mengalami stress yang berlebihan.

Setelah Latihan

Segera setelah latihan, makan snack pasca – latihan yang memiliki perbandingan 4 : 1 karbohidrat dan protein untuk membantu mengembalikan nutrisi yang hilang dalam otot selama latihan. Coba coklat susu atau makanan ringan berprotein juga telah terbukti mengurangi nyeri.

Air Dingin

Ambil handuk dan celupkan dalam air es kemudian letakan / kompres pada area tubuh yang sakit. Air es telah terbukti dapat meredakan rasa nyeri sekitar 20 %.