Alat fitness memiliki banyak jenis, tergantung dari kegunaannya masing-masing pada tubuh kita. Bagi Anda yang baru memasuki dunia fitness, melangkahkan kaki ke tempat gym untuk pertama kalinya akan terasa seperti menenggelamkan diri ke dalam area asing yang memiliki banyak peralatan aneh. Hal yang paling mudah untuk memulainya adalah dengan menggunakan alat kardio. Setelah Anda siap untuk menjelajah ke luar dari wilayah kardio, membiasakan diri dengan seluruh alat fitness yang ada di tempat gym akan sulit dilakukan, sehingga Anda harus memulainya secara perlahan agar tidak kewalahan. Oleh karena itu, mari kita lihat berbagai alat fitness di bawah ini dan juga manfaatnya! emang sih di tiap alat udah tertera cara pemakaiannya, tapi kalo nggak paham banget bisa salah juga dan menyebabkan cedera.kami bakal ngejelasin satu-satu nih :

LEG CURL

Lying-Leg-Curl-v.22-Step-2-side-view-New-York-City-personal-trainer

Fungsi                   : Melatih otot bagian belakang.
Cara pakai           : Duduk dan letakkan ujung kaki di belakang bantalan yang paling bawah. Gerakkan kaki naik-turun dan tangan berada di samping (ada pegangannya). Gerakkin kakinya nggak boleh terburu-buru. Pelan-pelan dan harus dirasain, supaya kontraksi ototnya lebih sempurna.

CHEST INCLINE

maxresdefault (1)

Fokus alat fitness ini juga untuk melatih dan membentuk otot dada bagian tengah (Pectoralis).  Menggunakan alat fitness ini hanya dengan mendorong tubuh ke depan. Kelebihan dari alat fitness ini adanya pegangan tangan yang memberikan efek tekanan baik vertical maupun horizontal yang berbeda pada otot dada.

CROSS TRAINER

18252_0_1

Fungsi                   : Buat pemanasan sebelum latihan beban. Berguna juga untuk fat burn.
Cara pakai          : Jangan terbalik, kalo pengen bakar lemak kita justru harus latihan beban dulu kira-kira 45 menit, abis itu baru latihan pakai alat ini (25-45 menit). Gerakannya kaki seperti mengayuh sepeda, dan tangan berpegangan pada tuas yang juga digerakin ke depan dan ke belakang.

Treadmill 

p_525T_1

Treadmill merupakan alat fitness yang paling banyak membakar kalori dari berbagai alat kardiovaskular lainnya yang tersedia di tempat gym. Anda dapat membakar sekitar 100 kalori per 1,5 km dengan berjalan cepat. Treadmill juga dapat disesuaikan dengan berbagai tingkat kebugaran yang berbeda tergantung kecepatan dari berjalan hingga berlari dan juga kemiringan landasan. Alat fitness ini juga dapat memberikan tantangan keseimbangan untuk yang baru berolahraga atau yang sudah lama tidak berolahraga.

PRESS DOWN MACHINE

triceps-cable-push-down-for-ladies

Fungsi                   : Untuk ngelatih otot triceps (otot lengan bawah) sekaligus ngencengin lengan supaya jadi nggak gombyor alias lembek.
Cara pakai         : Posisi badan berdiri menghadap ke luar, lalu tarik tuas talinya dari sebatas dada sampai ke bagian paha. Ulang beberapa kali.