Begitu banyak manfaat fitness yang bisa kita capai baik untuk pria dan untuk wanita yang semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sayangnya, kebanyakan orang masih beranggapan kalau program fitness semata-mata ditujukan untuk membentuk badan. Meskipun anggapan tersebut tidak salah, masih banyak lagi manfaatnya. Nah, anggapan semacam ini adalah kurang tepat meskipun pada dasarnya tidak salah.

Gym adalah pusat kebugaran yang terdiri dari area latihan utama dan area kardio. Di area ini kita dapat berolahraga menggunakan alat dan dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman. Selain itu kita juga dapat mendapatkan teman baru dan keluarga baru di tempat gym. Olahraga di gym secara rutin ini sangat bermanfaat unuk menjaga kebugaran tubuh dan latihan kedisiplinan. Kegiatan pembentukan fisik yang dilakukan secara rutin ini disebut juga dengan fitness. Namun tidak hanya sebatas itu saja yang bisa kamu ketahui, diantaranya:

wanita-fitness

Kekuatan Fisik

Latihan dalam program fitness bukan sekadar ingin membentuk badan kekar dan seksi. Tapi lebih dari itu, Anda akan mengalami perubahan besar dalam kekuatan fisik. Jumlah otot akan bertambah sesuai dengan porsi latihan. Sekaligus meningkatkan kemampuan Anda dalam mengangkat beban. Dan Anda bisa memilih untuk tidak menjadi kekar karena ada program dengan regulasi tertentu sehingga bentuk badan tetap ideal, tapi dengan kekuatan fisik yang lebih bagus.

Kebugaran

Menjalankan program fitness secara teratur akan meningkatkan kebugaran. Anda tak akan mudah lelah atau mengantuk dalam rutinitas sehari-hari.

Mengurangi Risiko Penyakit

Ada banyak ancaman penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Persoalan ini sering menjadi dilema bagi mereka yang ingin berolahraga tapi merasa khawatir dengan risiko dan konsekuensi selama latihan. Tapi Anda sebetulnya bisa menjalani beberapa program fitness yang sederhana dan bisa menurunkan banyak risiko penyakit seperti jantung dan diabetes. Dengan menjalani program fitness secara teratur, kinerja jantung akan lebih optimal diiringi dengan sirkulasi darah yang lancar. Konsentrasi gula darah juga akan semakin seimbang sehingga bisa menghindarkan kita dari risiko diabetes.

Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah pengeluaran racun dari dalam tubuh. Normalnya, racun dalam tubuh dikeluarkan melaui urine, nafas, dan ludah. Dengan melakukan olahraga ini, maka kualitas pernafasan akan meningkat sehingga kinerja ginjal akan semakin bagus dan proses detoksifikasi juga menjadi lancar.

Meningkatkan Fungsi Otak dan Memori

Latihan ini juga dapat meningkatkan fungsi otak dan memori. Dengan demikian anda akan lebih berkonsentrasi dan terhindar dari resiko pikun di masa tua.

Mengurangi Risiko Osteoporosis

Para peneliti di MC Master University Kanada menemukan bahwa latihan fisik secara rutin dapat meningkatkan massa otot pada tulang belakang hingga 9%. Hal ini menunjukkan pentingnya melakukan latihan fisik seperti fitness di usia muda.

Melatih Pernapasan

Menurut beberapa ahli fitness merupakan salah satu olahraga yang dapat melatih pernapasan dan sangat dianjurkan untuk dilakukan. Dengan melakukan olahraga ini secara rutin pernapasan anda akan menjadi lebih prima.