Manfaat Beras Merah

Beras merah sering digunakan sebagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan serta bagi penderita diabetes. Beras merah memang termasuk ke dalam jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat di dalamnya. Beras merah biasa di makan seperti nasi putih yang umumnya dikonsumsi orang Indonesia. Secara gizi beras merah lebih unggul daripada beras putih, karena ia mengandung zat yang dikenal dengan sebutan antosianin. Senyawa yang terdapat pada lapisan warna merah pada jenis beras ini, dan bermanfaat sebagai zat antioksidan, antikanker, anti glisemik tinggi yang artinya baik untuk diabates, serta anti hipertensi.

Di dalam nasi putih terdapat kandungan gula yang tinggi , sehingga akan mengakibatkan kadar gula di dalam tubuh menjadi tinggi jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain penyakit diabetes kelebihan gula didalam tubuh juga akan meningkatkan resiko terkena penyakit obesitas pun juga semakin tinggi.

Untuk mencegah masalah-masalah tersebut kita dapat mengurangi kandungan kalori atau gula di dalam tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan mengganti nasi putih menjadi nasi merah (beras merah). Karena di dalam beras merah lebih banyak mengandung serat dari pada gula. Beras merah ini dapat kita jadikan menu diet sehari-hari.

Kandungan-Gizi-Beras-Merah-dan-Manfaatnya

Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang sudah banyak merasakan keampuhan beras merah untuk menurunkan badan. Selain karena rendahnya kandungan kalori pada beras merah akan sangat efektif membantu Anda mencegah perut buncit atau kelebihan kalori. Bagaimana beras merah melakukannya? Kandungan karbohidrat kompleks beras merah akan menyuplai energi secara berkala pada tubuh sehingga perut tidak cepat merasakan lapar.

Pencegahan Penyakit Jantung

Karena kandungan serat yang tinggi, makan beras merah dalam diet tinggi mungkin menawarkan beberapa perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Dalam beras merah ditemukan juga fitonutrisi yang disebut Lignan, yang dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pay*dara.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Beras merah merupakan sumber serat larut yang sangat baik, sehingga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterool jahat) di dalam darah. Minyak esensial yang terdapat dalam beras merah yang diyakini membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Sementara itu juga meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), yang sangat diperlukan tubuh.

Sehat Untuk Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga menyehatkan pencernaan sehingga menghindari permasalahan kesehatan yang dapat muncul di kemudian hari. Jadi mulai saat ini konsumsilah makanan alami untuk menjaga kesehatan jangka panjang. Serat ini sangat baik untuk usus dan membantu lancarnya metabolisme tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang

Magnesium merupakan zat selain vitamin D dan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan nutrisi magnesium juga terdapat pada beras merah sehingga membuatnya dapat membantu kesehatan tulang dan gigi.