Mencegah dan Mengatasi Penyakit pada Musim Pancaroba

Musim kemarau telah berlalu dan digantikan dengan musim penghujan. Masa peralihan musim yang biasa disebut musim pancaroba biasanya diwarnai denga timbulnya berbagai jenis penyakit, terutama pada anak-anak dan orang-orang yang daya tahan tubuhnya kurang. Udara yang sebelumnya panas tiba-tiba menjadi dingin dan lembab.

Kondisi tersebut membuat tubuh kurang nyaman dan mudah terserang penyakit. Penyakit yang biasanya muncul pada masa pancaroba, antara lain gangguan saluran nafas, masuk angin, influenza, gangguan pencernaan seperti diare, dan tifus.

Penyakit-penyakit pada musim pancaroba tersebut akan terus berulang seiring dengan perubahan musim, namun setidaknya kita bisa mencegah atau mengantisipasinya,
Sehingga tubuh kita mampu bertahan menghadapi musim pancaroba seperti saat ini.

Konsumsi Air Hangat

Air hangat yang tentunya sangat cocok dikonsumsi saat udara terasa sangat dingin, sehingga akan memberikan kehangatan pada badan nantinya.

Air hangat bisa menjadi detox alami bagi tubuh, guna mengeluarkan racun yang ada dari dalam tubuh. Zat sisa dan racun banyak tersimpan di usus, sehingga nantinya akan dikeluarkan, baik melalui proses urinisasi, buang air besar, maupun melalui keringat.

Jika tidak dikeluarkan, maka toksin (racun) tersebut dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Penyakit terparah akibat dari toksin yang menumpuk di usus adalah kanker usus.

Konsumsi Vitamin

Kandungan vitamin C dapat mengatsi flu biasa, pasokan vitamin C yang mencukupi bagi tubuh, dapat memperkuat tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Beberapa dokter menjelaskan bahwa vitamin C diandalkan sebagai pencegahan tubuh terserang penyakti saat cuaca dingin.

Proses pergantian musim dari musim kemarau menuju musim hujan dapat mempengaruhi system imun (kekebalan tubuh) manusia menjadi lebih lemah. Ketika sistem imun menurun, penyakit akan lebih rentan menyerang tubuh.

Konsumsi vitamin menjai sangat penting guna menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi vitamin C (utamanya) menjadi sangat dianjurkan. Konsumsi vitamin C yang mencukupi kebutuhan tubuh berkhasiat untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dapat diperoleh secara alami dari buah jeruk, buah strawberry, jambu biji, kelengkeng, buah kiwi, apel, tomat, pepaya dan wortel.

Konsumsi Sup Panas

Mengkonsumsi semangkuk sup panas selama masa musim hujan atau udara dingin, akan memberikan kehangatan bagi tubuh, memberikan manfaat agar tubuh mampu bertahan dengan baik terhadap hujan dan angin dingin di musim hujan.

Terutama lagi untuk orang-orang yang kehujanan, maka mengkonsumsi sup memberikan manfaat besar bagi tubuh, hangatnya sup juga mampu membersihkan tenggorokan dan rongga hidung dari kuman yang menyebabkab penyakit.

Biasanya tidak berapa lama setelah makan sup panas, seperti sup ayam, bisa juga menyertakan nasi yang juga masih panas. Saat makan, kuahnya yang masih panas yang diseduh sedikit demi sedikit, perasaan tersumbat di hidung, nafas yang semula agak sesak, serta gejala-gejala flu lainnya berangsur-angsur dapat hilang.

Jaga Asupan Makanan

Penting untuk menjaga asupan makanan. Yang disarankan adalah mengutamakan mengkonsumsi makanan hangat dan berkuah, sehingga tubuh akan merasa hangat saat kondisi udara yang dingin tidak bersahabat.

Anda bisa mengkonsumsi sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan berkuah lainnya, yang dapat menyehatkan dan menghangatkan tubuh.

 Perhatikan Pola Tidur

Udara dingin bisa membuat orang-orang bermalas-malasan dan lebih senang tidur. Dalam melakukan istirahat dan tidurlah juga perlu dilakukan secukupnya, jangan sampai tidur secara berlebihan, sehingga menyebabkan tubuh menjadi lemas, otot kaku serta menurunkan kemampuan tubuh.

Adapun tidur yang cukup (tidak berlebihan dan tidak kurang) sangat bermanfaat untuk memulihkan kembali stamina dan menjaga kondisi sistem kekebalan tubuh agar tetap baik.

Yang disarankan adalah tidur sekitar jam 8-9 malam, lalu bangun sebelum subuh. Setelah itu tidur siang selama 30-60 menit juga disarankan untuk dilakukan.

Lakukan Olahraga Rutin

Penyakit yang paling umum yang disebabkan karena hujan adalah penyakit flu. Nah, jika Anda tak ingin flu menyiksa Anda, setelah Anda merasakan gejala penyakit ini, segeralah mencari cara untuk mengeluarkan keringat. Dengan keluarnya keringan tubuh pastilah akan jauh lebih baik. Cara paling efektif untuk mengeluarkan keringat adalah fitness. Hawa Gym adalah tempat yang cocok untuk yang ingin olahraga mengeluarkan keringat tanpa kehujanan ataupun kepanasan. Apa pun musimnya tetap bisa sehat.