Sering Tak Disadari, Ini Alasan Mengapa Wanita Sering Gampang Lapar di Saat Tak Terduga!

Ladies, pernah nggak kamu tiba-tiba merasa gampang lapar? Rasanya mulut ini ingin terus mengunyah aneka makanan. Sudah makan banyak tapi nggak bisa berhenti makan. Ada banyak kemungkinan kenapa pada saat-saat tertentu kita merasa lapar terus. Penyebabnya bisa karena pola makan hingga kondisi hormonal.

Tubuh semakin gemuk karena banyak makan? Mungkin ada alasan mengapa kamu jadi banyak makan, ladies. Terkadang alasannya sederhana, hanya saja kamu tidak menyadarinya. Ini beberapa alasan mengapa kamu tak bisa berhenti makan.

Kebanyakan Konsumsi Makanan Berkabohidrat
Mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak bisa menaikkan kadar gula dalam darah. Tapi setelah itu, kadar gula darah langsung turun (drop) dengan cepat. Dan sinyal ini akan ditangkap tubuh sebagai rasa lapar. Akibatnya kamu ingin makan terus. Kalau malam tadi kamu sudah mengonsumsi banyak karbohidrat, ada kemungkinan hari ini kamu malah gampang lapar.

Kurang Tidur
Bnayak penelitian mengatakan bahwa kurang tidur bisa mengganggu keseimbangan metabolisme tubuh, termasuk mengganggu nafsu makan. Sayangnya, untuk menyingkirkan rasa kantuk, tubuh terkadang mengalihkannya dengan rasa ingin ngemil.

Sedang Haid
Kenapa haid sering bikin nafsu makan nggak terkendali? Jadi begini, saat tubuhmu sedang mempersiapkan nutrisi jika pada periode selanjutnya terjadi kehamilan, tubuhmu akan meminta asupan makanan yang lebih banyak. Hal ini normal terjadi sekalipun kamu sedang tidak merencanakan kehamilan bahkan belum menikah sekalipun. Nggak perlu kaget kalau saat sedang haid, nafsu makan jadi meningkat sampai membuat berat badan sedikit naik.

Kurang Minum
Lapar merupakan sinyal tubuh yang tidak selalu berarti butuh asupan makan, tetapi minum. Kalau kamu merasa lapar (atau lebih lapar dari biasanya), cobalah untuk minum segelas air mineral biasa atau air hangat terlebih dahulu. Kalau dalam waktu 30 menit rasa lapar itu hilang, berarti tubuh kamu memang butuh air, bukan makanan. Setidaknya beri jeda beberapa menit terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk makan besar.

Rendah Nutrisi
Tubuh akan terus meminta makanan ketika nutrisi belum terpenuhi. Sayangnya, kamu malah sering makan makanan rendah nutrisi tapi tinggi kalori seperti keripik dan snack lain yang ber-MSG, yang mana justru membuatmu semakin lapar.

Kurang Protein
Mungkin kamu kurang makan makanan berprotein, karena jika makan karbohidrat saja, perut memang kenyang tapi tidak tahan lama. Berbeda dengan protein yang bukan hanya memenuhi energi tubuh, tapi juga membuat tubuh awet kenyang.