Terkadang rutinitas di hari senin membuat kita jenuh dan capek. Adapula yang mengatasan senin itu hari yang “Mengerikan”, ada juga yang mengatakan senin itu harinya segudang aktifitas. Betul apa betul?

Nggak bisa dipungkiri, aktifitas sehari-hari juga bisa membuat kita jenuh karena aktifitas yang kita lakukan monoton. Yang paling krusial, biasanya aktifitas di dalam pekerjaan kita.

Pernah merasakan kejenuhan saat bekerja? Merasa stress dan kurang bergairah ketika bekerja?!

WASPADAILAH!! Jangan sampai menghalangi kualitas dan prestasi kerjamu. Ini akan sangat membahayakan dirimu sendiri dan orang-orang disekitar. Mulai cemas dan tidak ingin ini sering terjadi pada dirimu ‘kan?

Waktu yang tepat untuk kamu baca sampai akhir artikel ini. Bayangin aja, kalau kamu mempraktekkan tips dan trik dibawah ini, bisa jadi rasa jenuh yang kamu alami akan sedikit berkurang. Baca sampai bawah ya say

cara mengatasi kejenuhan saat bekerja

Pertama, manfaatkan waktu libur akhir pekanmu untuk menjalani aktifitas yang menggembirakan. Kamu bisa memilih beberapa aktifitas dibawah ini :

1. Berlibur bersama keluarga

Berlibur adalah momen dan waktu yang tepat untuk me-refresh pikiran dan tubuh kita setelah bekerja selama 5 hari. Ajak keluargamu untuk berlibur ke tempat wisata yang disukai anak-anak, atau pergi bersama sahabat-sahabat ke tempat kongkow yang asyik untuk bisa saling sharing atau mengobrol santai. Nggak perlu ke tempat yang jauh untuk berlibur bersama keluarga, bermain di halaman rumah atau taman dekat area komplek perumahanmu juga bisa.

Atau alternatif lainnya, quality time bersama keluarga bisa dengan ‘Masak Besar’. Ajak anak-anak untuk belajar memasak, dan aktifitas ini akan menjadi seru.

Ketika menjalani aktifitas bersama keluarga, mood kamu akan kembali baik dan lebih bersemangat lagi. Hari-hari aktif bekerja, akan terasa ringan dan kejenuhan akan hilang dari pikiranmu.

2. Berolahraga bersama keluarga

Olahraga adalah aktifitas yang memiliki sejuta manfaat kesehatan. Di akhir pekan, atau hari berlibur, ajak keluarga atau sahabat kamu untuk olahraga bersama. Bisa dengan jogging di pagi hari, olahraga dengan menggunakan alat fitness, atau dengan bersepeda di pagi hari.

Kenapa harus di pagi hari? Karena, udara di pagi hari sangat sejuk, dan bangun lebih awal di pagi hari akan membuat hidup merasa nikmat sehat. Buktikan sendiri ya!

Olahraga tidak hanya dilakukan diluar ruangan lho, didalam ruangan juga asyik kalau dilakukan bersama keluarga atau sahabatmu. Selain kamu akan lebih sehat dan bugar, secara otomatis kamu telah mengedukasi keluargamu dan sahabatmu untuk memulai hidup sehat sejak hari ini.

 

Kedua, disela-sela waktu bekerja atau di waktu jam istirahat, kamu bisa melakukan olahraga ringan untuk menghilangkan rasa jenuh dalam pikiranmu dan meningkatkan mood dalam dirimu. Banyak aktifitas olahraga ringan yang bisa kamu coba, salah satunya dengan berolahraga menggunakan meja kerja atau menggunakan alat bantuan lainnya. Baca disini! 

Melakukan olahraga ekspresi wajah juga bisa menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja. Kamu bisa melakukannya dengan senam wajah, yaitu : ekspresi senyum selama 20 detik. Atau dengan berbagai ekspresi wajah yang aneh sambil kamu melihat ke cermin, akan membuatmu merasa senang dan kejenuhan bisa berkurang.

 

Ketiga, ini adalah yang paling penting dalam semua hal dan aktifitasmu. Tingkatkan spiritual dalam diri. Selain beberapa aktifitas diatas yang dapat mengurangi dan menghilangkan kejenuhan saat bekerja, kamu juga harus meningkatkan ibadah untuk menghilangkan rasa kejenuhan dan kebosanan.

 

Kesimpulannya, ketika kamu merasa jenuh saat bekerja, istirahat sejenak dan berolahraga ringan di tempat kerja. Atau ketika hari libur, kamu bisa melakukan aktifitas berlibur bersama keluarga atau sahabatmu. Tingkatkan juga ibadah (sisi spiritual) untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan dalam bekerja. Jangan dibuktikan dan jangan dicoba bagi yang tidak merasa jenuh saat bekerja.