hari-anak-nasional-hawagym

Sejarah Singkat Hari Anak Nasional

Sejarah singkat, mengenai peringatan Hari Anak. Di setiap negara di seluruh dunia, cara memperingatinya akan berbeda-beda, dan tanggalnya pun juga berbeda. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, sedangkan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Tujuan perayaan ini adalah untuk menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Dalam perkembangannya, pemenuhan kebutuhan hak anak juga tetap menjadi poros utama pemerintah, seperti misalnya dengan dibentuknya Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Memaknai Peringatan Hari Anak Nasional

Dengan adanya peringatan HAN (Hari Anak Nasional), pemerintah bersama seluruh lapisan masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpe mendiskriminasi, dan memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

Di dunia kesehatan, fakta yang bisa kita lihat dan ambil contoh saat ini adalah kurangnya perhatian tentang kesehatan kepada anak-anak, dan akhirnya pun anak-anak sebagai korbannya. Cek disini beritanya!

Pemerhati Anak, Dr. Seto Mulyadi, sapaan akrabnya Kak Seto, mengkritisi beredarnya iklan produk-produk makanan dan minuman yang mengklaim baik dan menyehatkan dikonsumsi untuk anak-anak Indonesia padahal kadar gulanya sangat tinggi. Mantan Ketua Komnas Perlindungan Anak itu menjelaskan, anak-anak yang terbiasa sejak kecil mengonsumsi produk yang tidak baik hal itu akan terus terbawa kebiasaannya. Ini nantinya akan menyebabkan penyakit gula, kanker dan obesitas.

Hal diatas hanya sebagai salah satu contohnya saja. Coba kita lihat dan perhatian Susu Kental Manis (SKM), dimana sebenarnya kandungan gula dan lemak didalam SKM sangat tinggi, dan kalsiumnya sangat rendah, dan ini berdampak buruk bagi anak-anak, kata salah seorang pengurus YLKI.

Peringatan Hari Anak Nasional Sebagai Langkah Awal Kesehatan

hari-anak-nasional-indonesia

Dalam mencetak dan menyiapkan generasi penerus bangsa, peran orang tua, harus dengan sepenuhnya dan siap menjadikan anak-anak sebagai anak yang kuat dan cerdas dalam bidang kesehatan. Orang tua harus banyak mengetahui ilmu kesehatan walaupun minim ilmunya, akan tetapi anak-anak akan dapat terjaga pertumbuhan dan perkembangannya.

Sebagai langkah awalnya, ajarkan anak-anak untuk mencintai kesehatan tubuhnya, menyayangi tubuhnya, dan memperhatikan kesehatan dirinya sendiri, dengan cara memberikan pengetahuan makanan & minuman yang benar-benar menyehatkan. Langkah berikutnya, dengan mengajak anak-anak untuk berolahraga secara rutin, bisa dengan berolahraga diluar ruangan ataupun aktifitas olahraga di dalam ruangan. Terus pantau dan pandu anak-anak untuk bisa secara mandiri dan terbiasa menjaga kesehatan tubuhnya sendiri.

Kunci yang terpenting sebelum mengajarkan hal-hal tentang kesehatan anak, Anda harus mampu memulainya terlebih dahulu. Sebelum mengedukasi anak-anak, edukasi diri sendiri untuk menjalankan pola hidup sehat. Sayangi kesehatan, dan cintai keluarga Anda.