Dibalik bentuknya yang mungil dan beraneka-warna, ternyata buah yang satu ini banyak mengandung manfaat untuk kesehatan. Lebih dari 70% buah ini mengandung air dan paling sering dikonsumsi atau dicampur kedalam berbagai makanan sehat. Anggur, buah mungil ini dahulu kala sering dijadikan hidangan untuk kaum bangsawan. Buah anggur ini juga menyimpan berbagai nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Banyaknya manfaat buah anggur ini tak lepas dari jasa polifenol, yaitu senyawa pemberi warna cerah pada buah. Langsung saja kita uraikan manfaat-manfaat yang dihasilkan dari konsumsi buah anggur ini secara rutin.

manfaat-buah-anggur-bagi-kesehatan-hawagym-indonesia

Mencegah Kanker

Buah anggur mampu memperlambat atau mencegah berbagai jenis kanker, termasuk paru-paru esofagus, mulut, faring, endometrium, usus besar, pankreas, dan prostat. Menurut salah satu institut terkemuka yang melakukan sebuah penelitian pada buah anggur ini menyatakan, kulit buah anggur merah mengandung polifenol jenis resveratrol yang diduga berguna untuk menjaga pembentukan dan penyebaran kanker. Resveratrol juga baik untuk menghalau radiasi berbahaya seperti sinar ultraviolet A dan ultraviolet B dari sengatan matahari.

Memperlambat Penuaan Dini

Buah anggur ini juga bermanfaat mencegah penyakit degeneratif, mengaktifkan gen panjang usia, dan membantu sel hidup lebih lama. Ini semua berkat kandungan resveratrol dalam anggur. Anggur juga mengandung lemak tak jenuh ganda, seperti asam lemak esensial linolenat. Kandungan ini berfungsi melindungi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sensitifitas kulit. Kandungan antioksidan dalam anggur juga berfungsi menangkap radikal bebas dalam tubuh, khususnya pada anggur merah.

Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Polifenol dalam buah anggur ini mampu mencegah penyakit kardiovaskuler, yang diduga memiliki efek antiinflamasi dinding pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan darah dan resiko terjadinya aterosklerosis (pengerasan dinding pembuluh darah arteri), antiplatelet (mencegah penumpukan platelet), dan menunjang fungsi endotel.

Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat dari buah anggur merah (khususnya) juga bisa dirasakan oleh otak. Kandungan resveratrol mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. darah dibutuhkan sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, sebuah penelitian di Jerman membuktikkan bahwa resveratrol bisa membantu memperkuat daya ingat manusia.