Yang kita tahu, kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat. Biasanya, orang yang sedang menjalani program diet akan mengganti menu nasi dengan menu kentang. Ingatkah dengan makanan cepat saji tapi tidak baik untuk kesehatan tubuh kita?  Ya, kentang goreng banyak disajikan dan jadi menu pilihan di setiap restaurant sebagai menu camilan. Yang kita tahu, itu kurang sehat!

Tapi, jika kita benar dalam mengolahnya, makanan ini banyak memberikan manfaat bagi tubuh kita, terutama jika mengolahnya sebagai kentang rebus atau bisa juga dengan cara penyajian lainnya, dengan cara di dibuat soup atau dikecap. Rasanya yang lezat, bikin tubuh menjadi lebih bugar dan sehat ketika dikonsumsi selagi hangat. Bagi kamu yang suka berolahraga, simak manfaat konsumsi kentang untuk kesehatanmu.

manfaat-kentang-untuk-kesehatan-by-hawagym-indonesia

Membantu Kendalikan Gula Darah

Banyak yang salah mengira, bahwa kentang buruk untuk diabetesi, padahal kentang bermanfaat untuk membantu mengendalikan gula darah. Kentang juga banyak mengandung pati yang disebut dengan pati resisten yang tidak bisa sepenuhnya diserap oleh tubuh. Ketika pati ini masuk ke dalam usus besar, pati ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik yang ada di dalam usus.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan pada orang yang mengalami diabetes tipe dua, juga menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi makanan dengan pati resisten ini gula darahnya terbukti lebih stabil.

Menjaga Tekanan Darah Normal

Dengan mengonsumsi kentang ini, ternyata dapat membantu menstabilkan tekanan darah kita. Kentang merupakan sumber kalium yang baik, bahkan jumlahnya lebih banyak ketimbang buah pisang. Kalium adalah mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara merangsang pembuluh darah untuk melebarkan ukurannya. Selain itu, kentang juga mengandung kalsium dan magnesium, yang juga berperan dalam mengendalikan tekanan darah normal. Cocok banget untun dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi ataupun penderita tekanan darah rendah.

Mencegah Kanker

Vitamin B6 yang terdapat pada kentang ini sangat ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu terjadinya kanker. Dalam hal ini, kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Banyak studi yang melakukan penelitian dan sudah membuktikan, bahwa mengonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh kita. Ayo, sesekali ganti nasimu dengan kentang. Kandungan karbohidrat dalam kentang lebih sehat dan hampir setara kandungan gizinya dengan nasi.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, kentang juga sangat baik dikonsumsi oleh pecinta olahraga, terlebih lagi yang sedang menjalankan program diet, Diatas hanya sebagian manfaat yang dihasilkan oleh kentang. Manfaat lainnya masih banyak, akan kita kaji bersama-bersama di Hawa Gym. Konsultasikan pola makan yang sedang kamu jalani kepada instruktur-instruktur kami yang tersebar di seluruh Hawa Gym. Jangan malu dan jangan gengsi, karena kita yang awam belum banyak tahu tentang pola hidup sehat yang benar.