manfaat-tidur-lebih-awal-hawagym-indonesia

Kamu sering tidur tengah malam dan di pagi harinya merasa lemas, kurang bertenaga, atau bahkan mau menjalani aktifitas sehari-hari terasa kurang bersemangat. Istilah kerennya #mager (malas gerak). Hayo… Siapa nih yang keseringan begini?

Terkadang juga karena buanyaknya pekerjaan, kita jadi tidur tengah malam, hingga begadang. Akibatnya, kesehatan menjadi menurun karena kelelahan dan kurang tidur. Pintar-pintarnya harus bisa menyiasati untuk bisa tidur lebih awal. Jangan keseringan tidur tengah malam, justru kamu harus merutinkan tidur lebih awal. Kuncinya harus disiplin dan harus dibiasakan.

Idealnya, tidur lebih awal adalah tidur sebelum pukul 22.00 waktu setempat dan terbangun di pagi hari sebelum munculnya sang fajar, lebih tepatnya sebelum pukul 06.00. Mau tahu nggak alasannya kenapa kamu harus tidur lebih awal? Dibawah ini jawabannya

Tubuh Lebih Sehat

cover-kiat-bugar-saat-puasa-hawagym-indonesia

Ketika kamu merasa kelelahan dan kurang kualitas untuk tidur, ini akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Studi Dunia menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan tidur yang cukup, beresiko terserang virus flu. Selama tidur, sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein yang disebut dengan sitoksin. Sitoksin dalam jumlah tinggi diperlukan ketika tubuh mengalami infeksi atau peradangan, atau ketika sedang stres. Inilah pentingnya tidur lebih awal. Tidur lebih awal juga dapat mengurangi resiko obesitas, diabetes, serta menghindari resiko terkenanya penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler).

Mengurangi Stres dan Membuat Bahagia

Ada studi kasus, ada seseorang yang harus bekerja pukul 08.00 tapi ia baru terbangun dari tidurnya pada pukul 07.30. Akibatnya, ia terburu-buru mandi, berpakaian, dan sarapan seadanya karena takut telat sampai tempat kerjanya. Tapi, kalau terbangun sebelum pukul 06.00, atau paling telat terbangun pada pukul 06.00, kamu akan banyak memiliki waktu untuk bersiap-siap. Pagi harimu terhindar dari stres. Satu jam pertama setelah bangun tidur adalah menentukan mood sepanjang hari. Orang yang bangun pagi lebih sehat dan bahagia, serta punya masa tubuh yang lebih rendah.

Selain itu, bagi kamu yang disiplin tidur lebih awal, tubuh akan secara otomatis meningkatkan daya ingat, menambah kualitas hidup, meningkatkan energi, menjaga berat badan, serta meningkatkan hormon tidur yang dapat merawat tubuh.

Mau pilih tidur lebih awal, atau tidur di tengah malam?