Memperhatikan kesehatan diri sendiri dan keluarga adalah langkah besar untuk menentukan masa depan. Tubuh yang sehat akan banyak sekali memberikan manfaat pada aktifitas yang dijalani sehari-hari. Salah satu yang harus diperhatikan adalah menjaga kesehatan jantung. Kebiasaan-kebiasaan kecil yang dijalani saat ini sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Mungkin sebagian orang kurang menyadari bahwa jantung merupakan organ tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja keras seumur hidup kita. Karenanya, usahakan untuk bisa menjaga kesehatan jantung.

Mengurangi atau berhenti merokok, aktif melakukan kegiatan fisik (seperti rutin berolahraga), dan menjaga berat badan tetap ideal mungkin terdengar klise, tetapi sebenarnya faktor-faktor inilah yang diperlukan guna menjaga kesehatan jantung. Tips berikut ini mungkin sangat berarti untuk kamu simak, demi menjaga kesehatn jantung.

hari-jantung-sedunia-hawagym-dan-adamgym-indonesia

Berhenti Merokok

Seorang perokok aktif akan lebih mudah terkena serangan jantung. Bagi perokok pasif (tidak merokok) juga memiliki resiko berbahaya bagi kesehatan jantungnya, bisa lebih dari 30% daripada perokok aktif. Solusinya, sebisa mungkin kamu harus menghindari asap rokok, menghindar dari orang-orang yang merokok. Memang tidak terlihat sakit bagi perokok aktif, tetapi dalam jangka waktu lama si perokok akan merasakan sendiri kesehatannya menurun dan bahkan membahayakan dirinya sendiri. Yang kita tahu berita-berita saat ini, banyak yang meninggal karena diakibatkan sering merokok, ada pula yang dioperasi.

Konsumsi Makanan Berserat

Serat bisa didapatkan dari gandum, sereal, dan kentang yang dimakan dengan kulitnya. Bisa juga dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Mengonsumsi lebih banyak serat dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung, dengan minimal konsumsi makanan berserat sebanyak 30 gram sehari. Lakukan dengan secara bertahap, jangan sekaligus mengonsumsi banyak sayuran, karena akan menyebabkan konstipasi atau kram perut.

Pertahankan Kesehatan Gigi

Bagi orang awam, pasti akan bertanya-tanya tentang hubungan gigi dan jantung. Gigi yang tidak sehat memiliki bakteri yang menyebabkan penyakit gusi masuk ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan kadar protein C-reaktif yang akan menyebabkan peradangan pada pembuluh darah. Pembuluh darah yang terganggu ini akan mempengaruhi kesehatan jantung. Penyakit periodontal dan penyakit jantung adalah sama.

Rutin Berolahraga

Berolahraga secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Kamu hanya perlu menyempatkan waktu selama 45 menit dalam sekali latihan, atau jika diakumulasikan kamu hanya memerlukan 225 menit selama 1 minggu. Kamu bisa melakukan aktifitas olahraga di rumah sebelum berangkat kerja, di tempat fitness saat pulang kerja, atau berolahraga bersama keluarga di rumah pada sore hari.

Hanya dengan merutinkan tips-tips diatas, kesehatan jantungmu akan tetap stabil dan mengurangi resiko datangnya penyakit jantung. Tunggu apalagi?! Lakukan sekarang juga dan jaga kesehatan keluargamu sekarang juga.