Seseorang ketika dihidangkan makanan atau minuman yang masih dalam keadaan panas, akan secara spontan meniupnya sebelum di konsumsi. Eits… Tunggu! Bukan spontanitas tapi ini sudah menjadi kebiasaan karena ada sensasi kenikmatan tersendiri. Apalagi saat udara sedang dingin di malam hari, ditambah dengan guyuran hujan, menikmati dan menyantap mie rebus hangat akan terasa nikmat. Jangan salah fokus ya, jadi laper dan kepingin buat mie rebus. Hehe.

bahaya-meniup-makanan-minuman-panas-by-hawagym-indonesia

Sayangnya, karena kita kurang sabar menunggu makanan atau minuman tersebut agar tidak terlalu panas, kita akan cenderung langsung meniupnya agar menjadi lebih dingin. Padahal, ini sangat berbahaya bagi kesehatan diri sendiri. Apalagi bernafas di dalam minuman, ini juga membahayakan untuk kesehatan diri.

Penjelasannya, ketika makanan dan minuman masih dalam keadaan panas, ia akan mengeluarkan senyawa air, yaitu H2O, kemudian saat kita meniup makanan atau minuman tersebut maka kita akan mengeluarkan gas CO2 dari dalam mulut. Menurut reaksi kimia, apabila uap air bereaksi dengan karbondioksida akan membentuk senyawa asam karbonat (carbonic acid) yang bersifat asam, sehingga dapat menjadi masalah bagi kesehatan kita.

Meniup makanan dan minuman saat panas juga dapat mengeluarkan bakteri Helicobacter pylori dari mulut kita. Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit dalam lambung yang menimbulkan luka kecil dan berakhir pada luka besar. Bakteri ini mudah sekali menyebar melalui pernafasan, kemudian makanan atau minuman akan memberikan peluang adanya transfer kuman dari si peniup ke makanan atau minuman yang kita tiup. Bayangkan saja, jika si peniup sedangan mengidap penyakit flu TBC atau Hepatitis, maka penularan virus akan sangat mudah terjadi.

Tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, kegiatan meniup makanan atau minuman yang masih panas melanggar etika makan di sejumlah tempat. Salah satunya di negara Amerika Serikat, meniup makanan yang masih panas untuk mendinginkannya dianggap tidak sopan.

Nah, langkah yang bisa kamu ambil untuk mencegah penyebaran virus adalah dengan menunggu makanan atau minuman tersebut menjadi lebih dingin. Atau kamu juga bisa dengan mengipaskannya dengan benda yang terjamin kebersihannya. Sabar dan jangan tergesa-gesa dalam mengonsumsi setiap makanan dan minuman.