Banyak cara dan strategi agar tubuh tetap sehat dan sistem kekebalan tubuh meningkat. Sel darah putih merupakan sel yang paling penting yang terlibat dalam sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh akan berfungsi lebih baik jika tubuhmu diberikan asupan yang cukup dengan mengonsumsi makanan sehat dan melakukan aktifitas olahraga secara teratur.

Bagi kamu yang sudah tahu cara-cara ampuh untuk meningkatkan dan memaksimalkan sistem kekebatan pada tubuh, yuk review lagi cara ampuh meningkatkan daya tahan tubuh dibawah ini :

makanan-yang-paling-baik-dikonsumsi-setelah-olahraga-hawa-gym-indonesia-buah-buahan

1. Konsumsi Buah-Buahan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kita bisa memilih beberapa buah dibawah ini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada diri kita.

  • Jambu Biji

Buah yang satu ini merupakan sumber nutrisi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperkuat tubuh kita. Kandungan pada buah Jambu Biji ini adalah vitamin C dan vitamin A.

  • Pepaya

Buah pepaya sarat akan dengan vitamin C serta mengandung enzim pencernaan yang disebut dengan khasiat antiinflamasi. Pepaya juga mengandung potasium, folat, vitamin A dan vitaman B. Kandungan-kandungan ini sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

  • Kelapa

Nah, kalau udah disebut buah yang satu ini, imajinasi kita adalah meminum air kelapa muda dengan sari kelapa mudanya dalam keadaan masih segar dan dingin. Betul apa betul? Mengonsumsi air kelapa dan sarinya (daging buah kelapa) adalah salah satu metode terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga ssuhu tubuh tetap normal selama musim panas. Air kelapa mengandung setengah dari kebutuhan kalium harian.

Selain buah-buahan diatas, ternyata Bawang Putih juga baik untuk sistem kekebalan tubuh kita. Dibawah ini pembahasannya

  • Bawang Putih

Selain menjadi penyedap rasa, bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki khasiat antibakteri dan antivirus yang baik bagi tubuh. Hal ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuhmu. Tak hanya itu lho, bawang putih juga mengandung antioksidan, fosfor, potasium, seng dan kalsium. Hal ini pun dapat membantu memperkuat sistem pernafasan dan turut menambah jumlah sel darah putih kedalam darahmu.

 

 

2. Istirahat Cukup dan Rutin Olahraga Dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  • Tidur

Menyaksikan serial televisi favorit pada jam lewat tengah malam memang sangat menarik dilakukan sepulang kerja. Bagi pekerja lembur atau mendapatkan tugas malam, menonton televisi di tengah malam, seperti halnya dengan kegiatan rutin mereka untuk menghibur diri dan menanti rasa ngantuk yang hinggap pada mereka. Simak! Para periset telah menemukan bahwa terjaga sepanjang malam dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Nantinya, mereka yang tidak memberikan tubuhnya waktu istirahat yang layak akan mudah diserang virus. Jika hal ini terus terjadi, maka kekebalan tubuh pun akan semakin lemah dan tak mampu melawan virus.

  • Olahraga Rutin

Jadikan olahraga sebagai kebutuhan bukan keinginan. Kamu tidak perlu lama untuk menghabiskan waktu dengan mengikuti program latihan di tempat-tempat kebugaran tertentu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berlatih yoga juga dapat membuat sistem imun pada tubuh seseorang akan stabil.

 

vitamin-d-by-hawagym-indonesia-berjemur-dibawah-terik-matahari

3. Cara Ampuh Lainnya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  • Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Terkena matahari di pagi hari menjadi andalan untuk mendapatkan vitamin D, yang diketahui mengembalikan sistem kekebalan yang sedang turun. Paling efektif dilakukan sebelum pukul 09.00 pagi. Disarankan, jangan terlalu lama tubuhmu terkena paparan sinar matahari, maksimal biarkan tubuhmu mendapatkan vitamin D selama 20 menit. Ini sudah cukup sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuhmu yang sedang kamu butuhkan.

  • Merawat Diri Sendiri

Luangkanlah waktu sebentar saja untuk meremajakan dirimu dengan pijat atau mandi air hangat. Tubuh kita merespon emosi kita, jika kami merasa diganggu dan memanifestasikan cemas, itu bisa menyebabkan sakit tenggorokan atau pilek. Buat ruang dalam diri sendiri untuk selalu bahagia. Kamu bisa dengan melakukan atau mengadakan ‘Hari Kesehatan Mental’ setiap bulannya sebagai salah satu cara kebutuhan emosionalmu terpenuhi. Bila kamu merasa senang, kamu jauh lebih kecil kemungkinan untuk sakit.