Sudah masuk di bulan November 2018 aja ini, dan sebentar lagi udah berganti tahun aja. Buat kamu, pasti udah siap-siap list untuk revolusi diri di tahun depan. Sebelum kita bahas revolusi, kita bahas dulu yuk, ada apa di bulan November ini.

Siapa yang tak tahu, kalau bulan November ini akan diperingati Hari Pahlawan. Mengenang jasa-jasa para pahlawan terdahulu, mengikuti jejak perjuangan dan semangat para pahlawan, serta menjaga keutuhan NKRI tercinta.

selamat-hari-pahlawan-nasional-indonesia-by-hawagym

Hari Pahlawan adalah hari nasional yang bukan termasuk hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari Pahlawan ini merupakan hari untuk memperingati  Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, dimana para tentara dan milisi Indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia. Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 pada tanggal 16 Desember 1959.

Sejarah singkatnya, 73 tahun yang lalu terjadi sebuah pertempuran hebat. Pertempuran tersebut melibatkan arek-arek Suroboyo yang harus menghadapi kekuatan besar serdadu NICA yang dibonceng Belanda. Langkah Bung Karno menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan adalah sebagai upaya beliau untuk melegitimasi peran militer dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Bangsa Indonesia ini setiap tahunnya akan mengadakan acara seremonial peringatan Hari Pahlawan. Ini terlihat biasanya di desa-desa sangat kental dengan perayaannya, atau mengadakan festival untuk mengenang Para Pahlawan dengan berpakaian seperti layaknya para tentara, polisi, dan ciri khas pakaian para pahlawan jaman dulu.

Tapi, sayangnya kebanyakan hanya sebagai acara peringatan seremonial semata tanpa pengamalan nilai-nilai perjuangan terhadap bangsa dan negara. Memaknai Hari Pahlawan masa kini bisa dilakukan dengan menonton cuplikan-cuplikan atau film tentang Kepahlawanan dan sejarah perjuangan pada jaman dahulu. Tidak hanya sekedar acara perayaan saja, tapi lebih membangkitkan semangat diri kita dan memaknai nilai-nilai perjuangan para pahlawan Indonesia. Banyak yang bisa kita lakukan untuk Bangsa Indonesia ini, dengan menerapkan nilai-nilai perjuangan mereka ke dalam diri kita. Pelajari sejarahnya, maka kita akan tahu bagaimana perjuangan para pahlawan jaman dahulu.

Tidak mesti harus berjuang dalam sebuah peperangan, ini salah! Yang bisa kamu lakukan adalah menerapkannya pada bidang-bidang pengorbanan di masa kita. Bisa membantu korban yang saat ini terkena musibah bencana alam ataupun berjuangan pada bidang kesehatan. Jangan remeh! Kesehatan adalah hal terpenting dalam kehidupan ini. Meski kamu hanya berperang sedikit dalam kesehatan, mengedukasi tentang kesehatan, tapi dampaknya luar biasanya, efektif untuk jangka panjang.

Jadi, bagaimana caramu memaknai Hari Pahlawan masa kini?