Buah Mangga merupakan buah yang banyak dijumpai di kota-kota maupun di pedesaan. Mungkin sebagian desa ada yang masih panen atau akan panen, jika di Bali sendiri, buah mangga ini banyak yang menjualnya sejak beberapa bulan lalu. Dan di bulan ini, musim sudah berganti ke buah Durian. Manfaat dari buah mangga ini tidak banyak orang yang tahu selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, buah mangga ini juga bagus untuk kecantikan seorang wanita. Jika kamu teliti, sekarang ini telah banyak perawatan kulit yang menambahkan ekstrak mangga didalamnya. Nggak percaya?! Buktikan yuk.

manfaat-buah-mangga-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-by-hawagym-indonesia

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Tubuh

  • Mencegah Penyakit Kanker

Penelitian telah menunjukkan senyawa antioksidan dalam buah mangga telah ditemukan untuk melindungi terhadap usus besar, payudara, leukimia dan kanker prostat. Senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah. Penelitian di The Institute for Food Research juga menemukan senyawa lainnya yang terkandung pada buah mangga, yaitu pektin. Pektin inilah yang membantu mencegah perkembangan kanker prostat. Pektin yang bergabung dengan galektin 3 (protein yang memainkan peran penting dalam semua tahap kanker). The European Prospective Investigation of Cancer juga telah meneliti tentang hubungan yang kuat makan mangga dan menurunkan resiko kanker saluran pencernaan.

 

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Buah mangga memiliki enzim yang membantu menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan yang kita makan. Kemudian kandungan serat pada buah mangga membantu dalam pencernaan secara alami, yang memudahkan pembuangan sisa pencernaan. Bahan bioaktif dalam mangga seperti ester, terpene, dan aldehid berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan dan juga meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

 

  • Menyehatkan Mata

Mata merupakan salah satu panca indera yang penting bagi manusia. Satu cangkir irisan buah mangga dapat memasok sekitar 25% vitamin A, dari asupan harian yang diperlukan. Hal ini mampu menjauhkan dari berbagai penyakit seperti rabun senja, kekeringan pada mata dan mata yang gatal.

 

 

Manfaat Buah Mangga Untuk Kecantikan

  • Mencegah Jerawat

Manfaat kecantikan pada buah mangga, salah satunya adalah dapat mencegah jerawat. Mengoleskan bulir buah mangga pada kulit akan membantu membersihkan pori-pori serta mencegah terjadinya masalah komedo dan jerawat. Ekstrak buah mangga akan membantu menjaga agar kulit kita tetap sehat dengan membersihkan semua bakteri yang ada pada kulit. Selain itu, mango butter merupakan pelembab yang baik untuk kulit sensitif. Mango butter bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dengan melarutkan kelebihan minyak serta menyembuhkan bekas luka serta menutrisi kulitmu.

 

  • Mengatasi Bintik Hitam Pada Wajah

Dauh buah mangga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Tahapnya, keringkan daun buah mangga ini kemudian ditumbuk hingga menjadi bubuk. Campur bubuk daun mangga dengan yoghurt, kemudian gunakan seperti halnya masker pada wajah yang terdapat noda hitam.

 

  • Melembabkan Rambut

Kandungan vitamin A pada buah mangga ini sangat baik untuk rambut. Vitamin A ini diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh manusia, termasuk kulit dan rambut.