Bulan desember merupakan bulan yang identik dengan kaum hawa. Selain ada peringatan Hari kartini di bulan april, ada peringatan khusus bagi kaum hawa, khususnya bagi seorang ibu di bulan desember. Pasti sudah ketebak. Ya, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Kita simak dulu yuk sejarah singkatnya mengenai peringatan hari ibu, sebelum kita membahas tentang hari ibu.

selamat-hari-ibu-desember-2018-by-hawagym-indonesia

Awal mula hari ibu bukanlah momen untuk mengungkapkan kasih sayang atau rasa terimakasih pada orang yang melahirkan kita. Ada kisah kelabu dibalik perayaan hari ibu itu sendiri. Hari ibu awalnya merupakan ungkapan berkabung bagi para perempuan yang ditinggal oleh suaminya semasa perang dunia.

Perayaan hari ibu berawal dari tahun 1850-an, ketika Anna Jarvis dengan organisasinya yang bernama Ann Reeves jarvis menggelar acara hari ibu dengan mendirikan klub kerja. Kelompok ini mengemban misi untuk memperbaiki sanitasi dan menurunkan angka kematian bayi, dengan cara melawan penyakit, dan mengurangi pencemaran pada susu. Anna Jarvis sendiri merupakan seseorang pencetus atau yang mengawali adanya peringatan hari ibu.

Salah satu penulis ternama dunia, yaitu Antolini yang menulis buku ‘Memorializing Motherhood: Anna Jarvis and the Defense of Her Mother’s Day’, mengatakan bahwa hari ibu bukan untuk merayakan semua ibu, tetapi untuk merayakan ibu terbaik yang pernah dikenal, yaitu ibu sendiri.

Sumber lain, ensiklopedia bebas mendefinisikan hari ibu merupakan hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suaminya, anak-anaknya, maupun lingkungan sosialnya. Di Indonesia sendiri, hari ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember, dan tanggal ini telah diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Kesimpulannya, sebenarnya hari ibu tidak hanya berpatok pada satu tanggalan saja, setiap hari pun bisa kamu peringati dengan cara-cara penuh kasih sayang. Seorang ibu memiliki peran terpenting di dalam suatu keluarga. Tidak hanya berperan sebagai ibu saja, tapi perannya lebih dari sekedar ibu dalam memberikan pendidikan terhadap anak-anak, mengatur perekonomian keluarga, mengatur kebutuhan sehari-hari keluarga, dan masih banyak lagi perannya dalam keluarga.

Banyak cara untuk mengekspresikan atau memberi apresiasi kepada ibu-ibu tercinta kita. Berikan ungkapan terbaikmu melalui baktinya seorang anak kepada kedua orang tuanya.