Penyakit yang satu ini tidak hanya menghantui dan menyerang orang yang berusia tua saja, bagi yang berusia muda juga ada resiko mengalami diabetes. Diabetes adalah kondisi yang mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mengubah gula darah menjadi energi. Di jaman now, semakin meluasnya gaya hidup yang buruk membuat diabetes menjadi penyakit yang bisa menyerang golongan kawula muda.

Lantas, apa saja faktor yang menjadi penyebab diabetes itu sendiri?

faktor-penyebab-diabetes-by-hawagym-indonesia

 

Faktor Genetik

Genetik merupakan salah satu faktor penyebab penyakit diabetes. Seseorang yang terkena penyakit diabetes tipe 1 atau tipe 2, memiliki kemungkinan akan menurunkan penyakit ini kepada anak-anaknya. Tetapi, kemungkinannya hanya 1 berbanding 17. Jika yang menderita penyakit diabetes ayah atau ibunya (1 orang saja), hanya ada kemungkinan 1 berbanding 25. Jika kedua orang tuanya sama-sama mengidap penyakit diabetes, resiko yang ditimbulkan kepada anaknya adalah 1 berbanding 2.

 

Faktor Obesitas

Faktor utama yang menyebabkan seseorang rentan terkena diabetes adalah obesitas. Berat badan (obesitas) yang berlebih akan mencegah tubuh merespon insulin. Selain itu, obesitas sentral alias kelebihan lemak di perut juga bukan hanya menjadi faktor utama seseorang rentan mengalami diabetes, tetapi juga berbagai penyakit kardiovaskuler lainnya. Bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih, sebaiknya segera memperbaiki gaya hidup modern dengan pola hidup sehat. Mulailah menjalani program hidup sehat secara bertahap dan rutin dengan melakukan aktifitas olahraga.

 

Faktor Makanan dan Minuman

Kawula muda jaman sekarang rentan sekali terkena diabetes. Pasalnya, mereka sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food setiap hari. Pola makan yang buruk sebenarnya tidak hanya meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes saja, namun masalah kesehatan lainnya seperti berat badan menjadi naik, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung. Ini sebabnya, penting bagi semua orang untuk lebih memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Bisa dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Ingat juga, hindari sega hal yang bisa memicu kamu untuk mengonsumsi makanan manis. Bila perlu, gunakan pemanis non-gula dan rendah kalori dalam asupan makanan dan minuman manis yang dikonsumsi sehari-hari.

Kecanduan alkohol dan kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan penyakit diabetes, sangat beresiko. Kebiasaan yang tidak sehat ini bisa mengganggu aktifitas metabolisme tubuh dan mempengaruhi produksi insulin. Kamu bukan perokok aktif dan peminum alkohol kan?

 

Faktor Pikiran

Stres merupakan faktor penting yang dapat memicu diabetes. Tidak hanya pada orang dewasa saja, stres juga banyak dirasakan para anak muda karena tugas-tugas di sekolah atau di kampus, tekanan teman sebaya dan masalah sosial. Hal ini tak jarang membuat anak-anak muda jadi ngidam makanan manis hanya untuk sekedar meredakan stres dan memperbaiki suasana hati mereka. Padahal, tanpa mereka sadari, mengonsumsi makanan manis di saat-saat seperti itu akan membuat mereka mengonsumsi makanan manis lebih banyak yang berdampak langsung pada resiko diabetes.

 

Kesehatan tidak hanya suatu anugrah dari Yang Maha Kuasa, tetapi kesehatan merupakan kewajiban kita untuk bisa menjaga dan memeliharanya. Yang sudah kita tahu, sehat merupakan hal yang mahal. Ketika tubuh mulai sakit, maka kita akan tersadar bahwa kesehatan merupakan suatu hal yang mahal.

Kesimpulannya, diri sendirilah yang menjadi faktor kedua, faktor terpenting yang berperan pada tubuh untuk sehat atau sakit. Jika kita bisa mencegah suatu penyakit, tunggu apalagi?