Bagi seorang fitness mania, gizi merupakan hal yang penting dan perlu perhatian khusus untuk kebutuhan tubuh dan perkembangan masa otot-otot yang telah dilatih. Jika kita menyimak arti sebenarnya, gizi merupakan kata serapan dari bahasa arab, yaitu gizzah yang memiliki arti makanan sehat. Di Indonesia, gizi merupakan salah satu agenda terbesar dalam hal perbaikan, dan inilah kemudian muncul slogan ‘Empat Sehat Lima Sempurna’.

Makna Hari Gizi dan Makanan

Nah, di bulan Januari ini, perkiraan seminggu lagi akan ada peringatan Hari Gizi dan Makanan, tepatnya di tanggal 25 Januari. Ada makna penting ketika diperingatinya Hari Gizi Nasional di setiap tahunnya. Dimana kita sebagai masyarakat Indonesia akan selalu diingatkan bahwa betapa pentingnya kebutuhan gizi untuk kesehatan dan kecerdasan dalam menunjang pertumbuhan tubuh dan jiwa manusia. Tidak terkecuali dengan seseorang yang sedang menjalani program hidup sehat (fitness program).

Gizi bisa didapatkan disetiap mineral, protein, vitamin, lemak, karbohidrat dan air. Di Hari Gizi dan Makanan Nasional Indonesia ini, mari bersama-sama kita berupaya memperbarui dan lebih memperbaiki diri tentang kebutuhan kita dan saudara-saudara sekitar kita akan pentingnya makanan yang mempunyai gizi yang tinggi.

Jika kita meliihat fenomena yang sering terjadi di Indonesia, yaitu kekurangan gizi, kita sudah sepatutnya memperhatikan lebih serius lagi. Tidak hanya untuk diri sendiri maupun keluarga, tetapi kepada anak-anak Indonesia yang terkadang kekurangan kebutuhan gizi.

Selain gizi sebagai faktor penting dalam pertumbuhan otot, dibawah ini ada menu makanan sehat yang tidak hanya baik atau berlaku pada seseorang yang sedang menjalani program fitness saja, tetapi baik juga bagi orang awam atau yang sedang tidak menjalani program hidup sehat.

Menu Makanan Sehat

Jenis-jenis makanan yang menjadi faktor penting dalam pembentukan otot-otot adalah sebagai berikut :

  • Daging

Daging sapi merupakan makanan terbaik untuk pembentukan otot. Daging mengandung asam amino esensial, vitamin B, dan kreatin yang dapat meningkatkan masa otot. Namun, pilihlah daging sapi yang tidak banyak mengandung lemak. Daging ayam juga baik untuk pertumbuhan otot. Pada daging ayam, lebih sedikit mengandung lemak dibandingkan dengan daging sapi. Namun, sebaiknya tetap pilih daging ayam yang mengandung sedikit lemak. Lebih baik lagi jika menyajikannya dengan cara direbus dan bukan digoreng, karena minyak pada daging ayam yang digoreng meningkatkan asupan lemak yang tidak baik bagi tubuh.

  • Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan sumber protein nabati yang memiliki kandungan leusin tinggi. Leusin merupakan salah satu asam amino yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan otot.

  • Tempe

Makanan khas Indonesia yang satu ini ternyata memiliki kandungan gizi yang kaya lho. Di dalam tempe, menyediakan 41% kebutuhan protein harianmu. Berbeda dengan makanan dengan sumber protein yang lainnya yang juga mengandung tinggi lemak, tempe hanya mengandung lemak yang sangat sedikit.

  • Telur

Seperti pada pembahasan artikel sebelumnya, mengenai manfaat telur bagi seorang fitness mania, telur merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. 0,5 gram asam amino leusin dalam telur merupakan sumber energi yang baik bagi otot. Leusin merupakan asam amino paling penting dalam pembentukan otot.