Pengertian Keputihan Bagi Wanita

Bagi sebagian wanita, keputihan merupakan sesuatu hal yang mengerikan, hingga memunculkan rasa khawatir dan stres. Keputihan adalah suatu cairan dan sel yang keluar dari vagina. Biasanya, keputihan ini keluar karena dipengaruhi oleh siklus menstruasi seorang wanita. Namun, suatu penelitian menyatakan bahwa keputihan ini merupakan hal yang normal dan lumrah terjadi pada setiap wanita, karena keputihan merupakan cara alami tubuh membersihkan vagina dan menjaganya tetap sehat. Keputihan juga berfungsi sebagai pelumas vagina alami untuk melindunginya dari infeksi dan iritasi.

Jadi, tidak perlu khawatir yang berlebihan ya sist. Tidak semua keputihan ada yang normal dan tidak normal, bermacam-macam jenisnya, mulai dari infeksi bakteri seperti bacterial vaginosis, infeksi jamur vagina, hingga penyakit menular seksual, seperti gonore, klamidia dan trikomoniasis. Maka, penting sekali kita untuk mengetahui bedanya antara cairan keputihan yang normal dan tidak normal.

gejala-keputihan-pada-wanita-by-hawagym-indonesia

 

Untuk tahu jauh lebih dalam mengenai keputihan, kami akan jabarkan dibawah ini mengenai ciri-ciri dari keputihan tersebut.

Ciri-Ciri Keputihan

Warna, jumlah, dan kekentalan lendir dari keputihan tergantung pada siklus menstruasi yang dialami oleh seorang wanita. Biasanya, lendir akan lebih banyak pada masa subur atau masa menyusui. Lendir yang normal pada umumnya berwarna bening hingga keputih-putihan dan tidak berbau. Lendir tersebut juga biasanya tidak disertai gatal-gatal atau rasa perih pada daerah vagina.

Waspadailah jika mengalami keputihan dengan gejala yang berbeda. Keputihan yang tidak normal terkadang bisa mengindikasikan suatu penyakit tertentu. Misalnya, ada perubahan pada warna dan kekentalan lendir, jumlah lendir yang berlebihan, bau lendir yang tajam, pendarahan diluar jadwal haid, serta rasa gatal di sekitar vagina dan nyeri pada perut.

Ciri-Ciri Keputihan Normal

Keputihan yang dialami oleh setiap wanita, berbeda-beda. Seberapa sering dan seberapa banyak keputihan yang keluar, serta warna dan tekstur kekentalan cairan bisa berbeda-beda. Sebagian besar wanita mengalaminya sesekali dan hanya sedikit yang keluar, sementara lainnya akan lebih sering dan lebih banyak yang keluar.

Cairan keputihan biasanya akan lebih banyak keluar saat kamu sedang ovulasi, menyusui, terangsang secara seksual, menggunakan pil KB, atau saat sedang stres. Pada umumnya, cairan keputihan yang normal berwarna jernis transparan dan tidak mengeluarkan bau menyengat (bahkan tidak berbau sama sekali). Ada juga yang cair seperti air, dan yang kental lengket seperti jeli.

Ciri-Ciri Keputihan Tidak Normal

Sangat mudah untuk mengetahui dari ciri-ciri keputihan yang tidak normal, bisa dilihat dari warna, volume, bau, dan konsistensi (kekentalan dan keenceran) cairan. Ciri-ciri yang bisa dilihat :

  • Berbau menyengat, seperti bau amis atau bau busuk;
  • Tekstur lebih kental, berbusa, atau menggumpal seperti keju;
  • Cairan berwarna abu-abu, kehijauan, atau kekuningan;
  • Cairan yang keluar dari vagina disertai dengan darah;
  • Jumlahnya sangat banyak dan lengket, sehingga mudah menempel pada pakaian dalam;

Jika kamu mengalami ciri-ciri diatas beserta gejala lain yang menyertai, misalnya vagina gatal atau terasa panas dan perih saat buang air kecil, ini menandakan keputihan sedang tidak normal atau sedang terkena infeksi bakteri.

Segera periksakan dirimu ke Dokter jika sedang mengalaminya. Jika tidak segera tertangani oleh dokter, infeksi ini akan bisa menyebabkan berbagai komplikasi jika tidak diobati dengan baik.

 

Mau tahu bagaimana cara mengatasi keputihan secara alami maupun secara pengobatan? Simak di artikel selanjutnya dan terus pantau update-an info-info kesehatan lainnya di www.hawagym.com.