Siapa yang tidak suka bubur kacang hijau? Selain dalam bentuk bubur, kacang hijau juga tetap terasa nikmat baik disajikan dalam bentuk lain seperti bakpia. Namun apakah Anda tahu apa manfaat kacang hijau bagi kesehatan terutama kesuburan untuk wanita?

1. Mencegah penyakit jantung

Suatu studi mengungkapkan bahwa kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ia mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak.

2. Mencegah kanker

Suatu penelitian medis mengungkapkan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung polyphenol dan oligosakarida dengan kadar yang tinggi, yang mampu mengurangi perkembangan kanker.

3. Kaya protein

Yaps, kaya akan protein itulah yang ada dalam kandungan kacang hijau ini, kita ketahui bahwa manfaat protein sangat dibutuhkan dan baik dalam kesehatan tubuh kamu, 85 persen dari total asam amino dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung dalam kacang hijau.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Fitonutrien yang terkandung dalam kacang hijau bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus dan iritasi.

5. Membantu menurunkan berat badan

Kacang hijau dipercaya mampu meningkatkan cholecystokinin, yaitu hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi, jadi kacang hijau ini bisa kamu jadikan cemilan sehat ya!

6. Mengurangi efek PMS (sindrom pramenstruasi)

Kacang hijau membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung vitamin B6, vitamin B dan folat.

7. Kesuburan wanita

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kacang hijau mampu dijadikan salah satu makanan dalam promil kamu, kandungan vitamin e dari kacang hijau sangat ampuh untuk kesuburan pari wanita. Asam folat merupakan kandungan yang disarankan untuk kamu yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil, kandungan asam folat ini juga ada loh dalam kacang hijau!

 

Nah itu dia manfaat kacang hijau untuk kesehatan dan kesuburan wanita, selain dengan mengonsumsi kacang hijau, rutin lah untuk melakukan aktivitas olaharaga, karena olahraga kamu bisa senantiasa untuk hidup sehat! #ayohidupsehat #ayokehawagym