Perut yang semakin besar biasanya sulit bagi ibu hamil untuk melakukan aktivitas, terutama aktivitas berolahraga! Eitz tenang moms, Anda tetap bisa melakukan aktivitas olahraga ini saat sedang hamil besar, dan olahraga ini mampu membantu saat persalinan tiba. Hawa Gym punya tips bagi para moms yang sedang hamil namun tetap ingin untuk berolahraga!

 

  • Pemanasan dan Pendinginan

Sebelum melakukan latihan aktivitas olahraga, jangan sampai melupakan tahap ini ya moms! Karena pemanasan dapat menghindari kita dari rasa sakit setelah melakukan aktivitas gym. Setelah melakukan rangkaian aktivitas olahraga, jangan lupa untuk rutin melakukan pendinginan.

 

  • Yoga

Selain membantu kebugaran tubuh ibu hamil, yoga dapat melatih pernapasan dan relaksasi ibu hamil yang sangat penting diperlukan saat persalinan nanti.

Karena saat persalinan dibutuhkan teknik pernapasan yang baik dan ibu hamil yang merasa rileks agar persalinan berjalan lancar. Yoga bisa membantu ibu hamil dalam mewujudkan dua hal itu.

Relaksasi yang dihasilkan dari latihan yoga dapat membuat ibu hamil menjalani hari-harinya dengan tenang, dan juga mampu mengurangi rasa takut akan proses persalinan. Olahraga untuk ibu hamil ini juga aman untuk dilakukan.

 

  • Penggunaan Treadmill

Ibu hamil olahraga berjalan atau berlari merupakan pilihan yang tepat dan aman jika melakukan dengan pedoman yang sesuai untuk berlatih menggunakan treadmill secara baik dan benar.  Moms hanya perlu mengatur kecepatan standar yang rendah sehingga dapat berolahraga secara aman, jika ragu moms bisa meminta arahan instruktur untuk mengarahkan penggunaan treadmill yang tepat untuk ibu hamil.

 

  • Squat (Jongkok Berdiri)

Berjongkok kemudian berdiri lalu diulang kembali adalah cara melakukan squat. Olahraga ibu hamil yang satu ini dianggap sebagai olahraga paling aman yang bisa dilakukan bahkan oleh moms yang tengah hamil tua untuk menyiapkan tubuhnya menghadapi persalinan.

Squat membantu menguatkan otot panggul ibu hamil menjadi lebih baik dan mendorong bayi agar turun lebih rendah. Agar persalinan normal berjalan lancar, lakukan squat mendekati waktu perkiraan lahir.

 

  • Senam Kegel

Senam kegel merupakan gerakan olahraga yang paling mudah dan bisa moms lakukan. Caranya, kontraksikan otot sekitar saluran kencing dan vagina dengan gerakan seperti menahan kencing, tahan selama 3 – 10 detik.

Senam hamil ini bisa kamu lakukan hingga 10 kali setiap harinya, saat sedang duduk ataupun berdiri. Selain menguatkan otot-otot panggul dan memudahkan proses kelahiran, senam ini juga berfungsi untuk melatih otot di daerah lain seperti sekitar uretra, kandung kemih, rektum, dan rahim, serta juga bermanfaat untuk mengurangi resiko ambeien dan mengencangkan vagina.

Nah berikut senam yang bisa moms lakukan secara rutin sebelum persalinan datang, jaga selalu pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin.

Lebih baik mencegah daripada mengobati! #ayokehawagym #ayohidupsehat