Tanpa disadari, ada banyak orang yang memiliki aktivitas atau pekerjaan yang harus dikerjakan dengan duduk. Terkadang duduk terlalu lama tidak dapat dihindari, namun tahukah anda bahwa duduk terlalu lama sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh anda, beikut bahaya yang dapat anda terima jika terlalu lama untuk duduk :

Bahaya Terhadap Jantung dan Pankreas

Saat Anda duduk terlalu lama, aliran dalam pembuluh darah melambat, sehingga semakin sedikit lemak tubuh yang terbakar. Jika hal ini terjadi, maka asam lemak dapat dengan mudah menyumbat jantung. Di lain sisi, kemampuan tubuh untuk merespon insulin dipengaruhi oleh lamanya Anda duduk saat bekerja. Semakin lama Anda duduk, akan menyebabkan pankreas memproduksi insulin dalam jumlah berlebih, yang kemudian dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Peningkatan Risiko Kanker

Bahaya duduk terlalu lama ternyata juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kolon, kanker payudara, dan kanker endometrium (dinding rahim).

Mekanisme peningkatan risiko kanker jenis tersebut belum diketahui secara pasti, namun diduga akibat berlebihnya produksi insulin yang mempromosikan pertumbuhan sel sehingga ada sejumlah sel yang tumbuh tidak terkendali dan menjadi tumor.

Memperlambat Pencernaan Makanan

Jika Anda termasuk orang yang langsung kembali duduk di belakang meja kerja setelah makan siang, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Duduk terlalu lama apalagi dilakukan setelah makan, menyebabkan isi perut tertekan, sehingga memperlambat proses pencernaan makanan.

Baiknya berjalanlah mengelilingi kantor secara santai dengan durasi 15 menit, setelah itu Anda dapat dengan santai untuk duduk kembali di meja kerja Anda.

Postur Tubuh Memburuk

Saat duduk terlalu lama di kantor, leher dan bahu menegang, dikarenakan Anda terlalu lama menahan leher di posisi menghadap ke komputer atau mengerjakan hal lainnya.

Hal ini dapat menyebabkan tulang belakang juga ikut menegang dengan ketidakseimbangan permanen yang kemudian pada akhirnya menyebabkan leher, bahu, dan punggung pegal-pegal.

Terjadi Degenerasi Otot

Berdiri, berjalan, dan menggerakkan ubuh dapat mengencangkan otot, terutama otot perut. Kebalikannya, saat duduk maka otot-otot mengendur dan dapat menyebabkan pelemahan otot. Untuk menghindari hal ini terjadi dalam diri Anda, baiknya untuk tetap rutin melakukan olahraga di akhir pekan.

Menyebabkan Obesitas

Oleh karena kadar trigliserida di dalam tubuh tidak banyak terkonversi menjadi energi dan malahan meningkatkan kadar kolesterol, duduk terlalu lama dapat berdampak obesitas atau kelebihan berat badan.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa orang yang mengalami obesitas memang duduk lebih lama sekitar 2,5 jam dibandingkan orang yang berat badannya normal.

Sakit punggung

Kebiasaan duduk terlalu lama biasanya dialami orang-orang kantoran. Salah satu akibat duduk terlalu lama adalah sakit punggung bagian bawah atau pada bagian tulang belakang secara keseluruhan. Hal itu dikarenakan otot menjadi kaku akibat duduk terlalu lama.

Komplikasi Pencernaan

Duduk terlalu lama menyebabkan tekanan yang sangat besar untuk isi perut. Tekanan inilah yang akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat dari sebelumnya.

Sistem pencernaan yang terlalu lambat maka bisa menyebabkan organ pencernaan tidak bekerja dengan baik. Beberapa gejala yang paling sering terjadi adalah perut kembung, kram, sembelit, mulas dan buang gas berlebihan.

Semua masalah ini sebenarnya dipicu karena pencernaan tidak berjalan dengan baik sehingga menyebabkan pekerjaan mikroba dalam pencernaan juga bermasalah.

Penyakit Pembekuan Darah

Duduk terlalu lama akan menyebabkan bagian pembuluh darah di kaki tidak beraktivitas dengan baik.

Hal ini juga bisa menyebabkan pergelangan kaki menjadi bengkak dan munculnya varises di sekitar bagian kaki. Bahkan dalam jangka panjang semua masalah ini bisa menjadi lebih parah karena menyebabkan pembekuan darah dan berhubungan dengan resiko penyakit jantung atau efek langsungnya adalah anda sering kesemutan.

Berikut bahaya yang bisa Anda terima jika tetap melakukan rutinitas duduk setiap hari, untuk menghindari hal ini terjadi pada diri Anda, baiknya Anda tetap untuk melakukan aktivitas olahraga secara rutin dan juga rutin untuk mengonsumsi air putih.