Jamu sudah menjadi bagian dari pengobatan tradisional Indonesia sejak dahulu. Bahkan ketika kita sedang sakit, banyak yang menjadikan jamu sebagai pendamping pengobatan yang diberikan oleh dokter atau sebagai pengobatan utama. Beberapa jenis jamu telah melalui uji klinis, dan hasilnya memang memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain menawarkan rasa yang autentik, jamu tradisional pun memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Masih ragu untuk minum jamu? Yuk, budayakan minum jamu mulai dari sekarang!

Jamu Wedang Jahe

Wedang jahe adalalah minuman hangat berbahan dasar jahe. Manfaatnya pun banyak, beberapa di antaranya adalah sebagai obat sakit kepala, meningkatkan kebugaran serta yang paling utama mengobati berbagai macam masalah pencernaan.

Jamu Beras Kencur

Saat batuk menyerang, selain periksa ke dokter, Cosmo rekomendasikan untuk mengonsumsi beras kencur. Jamu yang satu ini sangat ampuh untuk meredakan rasa gatal saat batuk. Tak hanya itu, beras kencur pun biasa digunakan untuk menghilangkan rasa capai dan pegal-pegal, lho ladies.

Jamu Kunyit Asam

Ternyata jamu yang satu ini memiliki banyak kelebihan khususnya saat Anda sedang menstruasi. Kunyit asam mampu melancarkan siklus haid wanita jika dikonsumsi secara rutin. Bahkan bisa Anda gunakan sebagai penangkal nyeri haid dan keputihan.

Jamu Rosela

Tahukah Anda bahwa kandungan vitamin C teh rosela enam kali lipat lebih banyak daripada satu buah jeruk? Yes, kandungan vitamin C dan beta karoten di dalam teh rosela bisa digunakan sebagai antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Jamu Kunci Sirih

Sesuai dengan namanya, ramuan tradisional yang satu ini terbuat dari bahan dasar kunci dan juga daun sirih. Dimana jamu ini dipercaya dapat mengatasi berbagai macam gangguan kewanitaan. Dalam proses pembuatannya, terkadang para tukang jamu menambahkan beberapa bahan lain seperti daun luntas, kunyit, jahe, kencur, kapulaga, kayu manis, asam jawa, serai, jeruk nipis, gula jawa, garam, buah delima, pinang, serta majakan.

Jamu Temulawak

Minuman tradisional yang bisa kita jumpai ditiap daerah ini berasal dari bahan baku temulawak. Selain sebagai pelepas dahaga, jamu ini banyak memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan tubuh.

Nah, itu dia manfaat jamu untuk kesehatan. Sangat bermanfaat bukan? Jamu memang sudah terpercaya manfaatnya karena bahan bahan pembuatan jamu adalah alami atau yang sering kita kenal herbal. Yuk rutinlah untuk selalu mengonsumsi jamu minimal dua kali dalam satu bulan!