Harus menahan lapar saat puasa cenderung membuat orang memakan segalanya saat berbuka atau sahur. Padahal sebaiknya kita harus memilih makanan saat puasa agar tubuh tetap fit dan kondisi perut tetap sehat. Terapkanlah pola makan sehat dan seimbang selama puasa. Selain itu ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat puasa karena ternyata ada yang bisa membuatmu cepat lapar atau bisa membuat perutmu kacau. Hindari makanan ini jika Anda tidak ingin kesehatan Anda terganggu :

1.  Kopi

Kandungan kafein didalam kopi tidak baik untuk lambung pada perut yang kosong. Kafein didalam perut yang kosong dapat meningkatkan kadar asam di perut.

2.  Minuman bersoda

Minuman bersoda yang dingin memang sangat menggoda di bulan puasa. Minuman bersoda memiliki kadar asan (acid) dan gas yang tinggi. Apabila di konsumsi saat perut kosong, kadar asam dari minuman bersoda beradu dengan asam perut yang akan memicu sakit perut, kram perut, dan perut kembung.

3.  Makanan siap saji

Makanan cepat saji atau yang sering dikenal junk food sangat berbahaya bagi Anda yang berpuasa. Junk food memiliki kandungan lemak, sodium, dan gula yang tinggi. Hindarilah makanan ini karena dapat meningkatkan risiko gizi berlebih serta menganggu lancarnya puasa karena makanan cepat saji memperberat kerja metabolisme.

4. Teh manis

Teh manis dingin atau hangat sering menjadi suguhan pertama saat berbuka. Kebalikan dari kopi, teh dapat mengurangi asam di dalam perut dan di dalam empedu. Hal tersebut memicu terjadinya mual yang dapat menyebabkan muntah, gugup, menurunnya nafsu makan, dan apabila sering dilakukan dapat merusak lapisan dinding perut.

5.  Yogurt

Yogurt saat berbuka puasa? Hmm, terdengar sangat menyehatkan, bukan? Tapi, jangan tertipu. Yogurt sebenanrya tidak cocok dikonsumsi saat perut kosong. Saat perut kosong, asam di perut tergolong cukup tinggi, hal tersebut dapat menyebabkan bakteri asam laktat yang terkandung di dalam yogurt cepat mati. Sehingga yogurt kehilangan sebagian besar manfaatnya.

6. Pisang

Banyak orang yang menganggap pisang sangat baik untuk dikonsumsi saat perut kosong. Padahal, faktanya justru berkebalikan. Efek buruk pisang untuk perut kosong terkait dengan kandungan magnesium, potasium, dan 25% gula di dalam pisang.

Ahli nutrisi mengungkapkan bahwa mengkonsumsi pisang pada saat perut kosong dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara kalsium dan magnesium pada darah. Sedangkan kandungan gulanya dapat berubah menjadi asam dan alkohol di dalam perut. Akibatnya, pisang dapat menyumbat sistem pencernaan dan berefek buruk pada kardiovaskular apabila dikonsumsi saat perut kosong. Apabila kamu masih tetap ingin mengkonsumsi pisang untuk berbuka puasa, para ahli nutrisi menganjurkan agar buah pisang tersebut dicampur atau dimakan berbarengan dengan buah atau makanan lainnnya. Intinya, pisang jangan dimakan sendirian saat perut kosong!