Saat ini banyak orang yang mulai menyadari bahwa pola hidup sehat memang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari itulah sebabnya mengapa banyak orang berbondong-bondong ingin merubah pola hidupnya menjadi lebih sehat demi menunjang kehidupan yang lebih baik lagi dimasa depan.

Berat badan tentunya menjadi point mendasar yang dipermasalahkan oleh kebanyakan orang, memiliki berat badan yang berlebih tentunya bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan, selain mengundang banyak penyakit kelebihan berat badan akan mengundang masalah lain bagi seseorang, seperti kurang percaya diri, sulit menemukan ukuran baju yang sesuai dan berbagai macam masalah lainnya. Untuk menurunkan berat badan dibutuhkan menu makanan yang sehat untuk diet. Menu diet ini sangat aman dilakukan bagi pemula, karena tetap menjaga asupan karbohidrat, protein dan nutrisi lain. Hal ini, sangat berkaitan dengan pola makan sehat untuk diet. Mari kita lihat apa saja menu diet sehat ini :

1. Nasi Merah

Ada 2 jenis nasi, yang merah dan yang putih. Untuk menjalankan diet karbo, Anda harus memilih jenis nasi merah yang sangat rendah gula sehingga program diet Anda akan terjaga dan berat badan tetap dalam keadaan stabil. Hindari konsumsi nasi putih apapun situasinya, demi menjalankan program diet Anda dengan baik.

2. Telur rebus

Ya, karena Anda tidak boleh mengkonsumsi sama sekali karbohidrat Anda harus menggantinya dengan makanan yang mengandung protein seperti telur. Namun usahakan Anda mengolah telur dengan cara di rebus, jangan digoreng. Konsumsilah telur rebus sebagai menu makan siang Anda, minimal 1-2 telur rebus per harinya.

3. Ayam kukus

Semu makanan yang Anda konsumsi harus terhindar dari pengolahan digoreng. Tujuannya adalah untuk menghindari minyak dan tambahan bumbu lainnya. Karena saat diet karbo, Anda juga harus mendetoks tubuh dari garam berlebihan. Menu selanjutnya yang dapat Anda konsumsi saat diet karbo adalah ayam kukus, tanpa garam. Beberapa orang mungkin akan merasa sangat enek saat memakannya. Namun kalau ingin berhasil, tentunya ayam kukus harus Anda konsumsi.

4. Daging sapi tanpa lemak yang dipanggang atau dikukus

Apakah saat diet karbo boleh makanan daging? Tentu saja boleh! Hanya saja Anda benar-benar harus selektif. Anda boleh mengkonsumsi daging sapi, namun tanpa lemak. Cara pengolahannya pun harus dipanggang atau dikukus, plus Anda tidak boleh menambahkan garam. Jika tidak terbiasa mungkin Anda akan sangat tidak suka. Namun jika sudah terbiasa, Anda akan mengkonsumsinya dengan lahap sebagai pengganti nasi.

5. Roti gandum

Anda juga bisa mengkonsumsi roti. Namun lagi-lagi Anda harus selektif saat pemilihan rotinya, karena yang boleh Anda makan adalah roti gandum utuh. Jangan memilih roti tawar biasa yang terbuat dari tepung. Roti akan sangat cocok dikonsumsi pada pagi hari sebagai pengganti sarapan.

6. Oatmeal

Kalau Anda tidak mau sarapan menggunakan roti gandum, Anda bisa menggantinya dengan 1 mangkuk oatmeal original. Ini bisa menjadi pengganti nasi pada pagi hari. Oatmeal juga sangat mengenyangkan sehingga cocok dikonsumsi untuk Anda yang tengah melakukan diet dengan cara apapun.

7. Ubi dan Yogurt

Kombinasi ubi dan yogurt memang terlihat sedikit aneh. Tapi jangan salah, kombinasi ini sangat bagus untuk mengecilkan lingkar perut, sehingga pinggang terlihat lebih slim. Silahkan konsumsi makanan ini sebagai snackdi sore hari dan lakukan olahraga secara rutin agar bentuk tubuh tetap terjaga.

8. Alpukat

Alpukat wajib kamu konsumsi jika kamu sedang ingin menguruskan badan. Rasa alpukat yang sangat enak sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun bukan hanya karena kelezatannya saja yang membuat alpukat menjadi makanan wajib saat diet, tetapi juga karena buah yang satu ini sangat sehat. Banyak serat dan lemak sehat yang terkandung dalam alpukat.

9. Aneka Sayur

Sayur-mayur sudah terkenal akan manfaat baik dan sehat yang ditawarkan. Jadi, banyak-banyaklah makan sayur, terutama yang berwarna hijau. Sayuran kaya serat dan rendah kalori serta karbohidrat. Sayuran merupakan salah satu makanan untuk diet terbaik.

10. Rutin Berolahraga

Untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal, jangan lupa untuk rutin berolahraga. Dengan rutin berolahraga maka diet sehat Anda akan mudah tercapai.  Berolahragalah setiap hari hanya selama setengah jam atau 30 menit untuk mencegah penambahan berat badan dan membantu menjaga berat badan secara proporsional. Untuk menurunkan berat badan, Anda harus berolahraga dengan intensitas tinggi, karena dapat membakar lebih banyak kalori.