Wanita perlu lebih waspada dan mengenali penyakit-penyakit yang rawan menyerang mereka, salah satunya adalah kanker serviks dan kanker payudara. Salah satu langkah pencegahannya adalah dengan mengenali gejala-gejala fisik.

Kamu mungkin tahu tanda kanker payudara paling umum adalah adanya benjolan yang muncul di payudara atau di ketiak. Meski begitu, benjolan itu belum tentu menentukan bahwa ia bersifat ganas atau tidak. Maka perlu Anda ketahui juga gejala awal Anda mengidap kanker payudara, Berikut gejala awal lain nya:

1. Gatal, Sakit dan Memerah

Gejala kanker payudara adalah ketika ada rasa panas ketika disentuh, dan payudara tersebut meradang. Dibandingkan kasus tumor payudara pada umumnya, gejala ini lebih menunjukkan sebuah peradangan yang disebabkan oleh kanker. Payudara membengkak, sakit, kulitnya kemerahan dan bersisik. apabila diperhatikan lebih lanjut, warnanya akan berubah jadi keunguan seperti memar.

Pada tahap selanjutnya, ia akan menjadi berlesung pipit atau berubah karakternya seperti kulit jeruk. Rasa sakit ini mirip dengan nyeri saat PMS, namun rasa gatalnya akan menunjukkan reaksi alergi dan tidak hilang hanya dalam beberapa hari. Sel kanker di dalam payudara akan cepat memblokir pembuluh darah yang memberi makanan pada kulit, inilah sebabnya terasa panas, dan meradang.

2. Nyeri Punggung Atas

Hal ini terjadi karena tumor payudara berkembang dalam jaringan kelenjar payudara, kemudian menyebar ke seluruh area dada. Pertumbuhan tumor tersebut mendorong mundur ke arah tulang rusuk dan tulang belakang. Nyeri yang dihasilkan dapat dirasakan di punggung ketimbang di payudara. Parahnya lagi, kanker payudara ini dapat bermetastasis dan menjadi kanker tulang sekunder.

3. Bentuk Payudara

Tidak semua tumor payudara ditandai dengan benjolan yang keras di payudara. Ada kalanya bentuk payudara akan mengalami perubahan drastis. Payudara yang terkena kanker, bentuknya bisa lebih oval, atau turun ke bawah dan mencuat ke satu sisi. Perhatikan bentuk payudara dengan seksama, apakah bentuknya ada yang berubah agak aneh? Perlu pemeriksaan lebih lanjut jika itu tidak kunjung hilang.

4. Puting Terasa Sakit

Ciri-ciri dari kanker payudara stadium 1 lainnya adalah dengan munculnya perubahan pada bagian puting disertai rasa nyeri. Mungkin juga keluar cairan tidak normal dari puting atau puting melesak ke dalam.

5. Muncul Benjolan di Ketiak

Meski disebut kanker payudara, bukan berarti benjolan di bawah ketiak yang Anda temui tidak ada hubungannya dengan kanker ini. Jaringan payudara meluas hingga di bawah ketiak. Inilah mengapa kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.