Warnanya yang cukup mencolok membuat ubi ungu cukup popular dan disukai banyak orang. Ubi ungu dapat diolah menjadi berbagai macam olahan mulai dari direbus, digoreng, dicampur dengan agar-agar atau puding, hingga dibuat keripik sebagai camilan. Salah satu cara pengolahan ubi ungu yang paling mudah dan lebih kecil beresiko kehilangan nutrisi adalah dengan cara direbus. Apalagi jika dikonsumsi pada cuaca dingin, ubi ungu rebus yang masih hangat terasa nikmat sekali. Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan jika mengkonsumsi ubi ungu sangat baik untuk tubuh sebab menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi. Selain itu, dalam ubi ungu juga mengandung manfaat antioksidan seperti fenol dan juga flavonoid sehingga memiliki peran untuk anti mutagenik, anti viral, anti mikroba dan juga anti bakteri. Ubi ungu juga mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, lemak, kalsium, riboflavin, serat kasar, protein, vitamin B, vitamin C dan sebagainya. Dengan begitu banyaknya kandungan vitamin, mineral dan antioksidan dalam jenis umbi umbian ini, maka tidak heran jika ubi ungu memiliki banyak khasiat termasuk manfaat ubi ungu untuk diet yang akan kami ulas berikut ini.

1. Menurunkan Berat Badan

Ubi ungu dianggap menjadi salah satu makanan diet terbaik untuk mengurangi berat badan. Serat dalam ubi ungu ini akan mengisi perut lebih cepat dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Hanya mengkonsumsi satu porsi kecil ubi ungu sudah cukup untuk membuat anda kenyang lebih lama sehingga bisa mencegah makan terlalu berlebihan dan otomatis berat badan juga akan menurun. Kandungan indek glikemik yang rendah sehingga orang yang mengonsumsinya akan merasa kenyang lebih lama.

2. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Dalam ubi ungu mengandung kanji yang berguna untuk meningkatkan kadar gula darah secara perlahan sehingga sangat direkomendasikan untuk diet para penderita diabetes. Ubi ungu sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi kadar gula darah dan juga resistensi insulin. Sedangkan kandungan serat dalam ubi jalar juga sangat baik untuk menjaga kestabilan kadar insuli, lipid dan juga gula darah dalam tubuh. Makanan ini bisa Anda jadikan pengganti nasi, karena kandungan dari nasi memiliki kadar gula yang tinggi.

3. Mengurangi Sifat Kecanduan Makan

Alasan orang sudah untuk menurunkan berat badan adalah karena ketergantungan dengan beberapa jenis makanan tertentu seperti makanan manis, minuman bersoda dan minuman beralkohol. Untuk mengontrol keinginan makan sesuatu maka bisa dilakukan dengan mengkonsumsi ubi ungu ini secara teratur yang sekaligus juga menurunkan berat badan.

4. Mengatur Kadar Kolesterol

Serat dalam ubi ungu juga sangat berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam darah sebab kandungan seratnya sudah cukup memenuhi AKG tubuh mencapai 33 persen, Jenis karbohidrat dalam ubi ungu ini nantinya akan berguna untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih sehingga bisa dijadikan terapi diet yang sangat baik.

5. Tinggi Antioksidan

Ubi ungu juga merupakan makanan yang tinggi akan vitamin C serta sumber antioksidan sehingga sangat baik untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan DNA yang bisa menimbulkan masalah serius seperti penimbunan lemak, jantung dan juga kanker. Vitamin C dalam ubi ungu juga berguna untuk meningkatkan produksi kolagen yang akan memperbaiki tampilan kulit lebih segar serta mengurangi selulit karena lemak tidak menumpuk pada lapisan kulit.

6. Menyehatkan Jantung

Sebagai organ vital jantung mesti dijaga kesehatannya. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang baik bagi jantung seperti manfaat ubi ungu rebus ini. Kandungan antosianin yang dimilikinya mampu mencegah timbulnya serangan jantung. 

7. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker masih menjadi penyebab kematian yang cukup tinggi sehingga penyakit ini dianggap sebagai penyakit mematikan. Untuk menghindarinya dianjurkan untuk mengonsumsi ubi ungu rebus yang mengandung selenium yang dikenal bermanfaat mencegah penyakit kanker. 

8. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Ubi ungu juga merupakan makanan yang tinggi akan kandungan serat bahkan lebih tinggi dibandingkan kentang. Serat ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem pencernaan. Tekstur ubi ungu yang juga mudah dicerna membuat makanan ini menjadi makanan baik untuk usus dan perut. Sedangkan kandungan vitamin B Kompleks, beta karoten, vitamin C, kalsium dan juga kalsium akan meringankan gejala radang perut, solusi maag, mencegah sembelit sekaligus membangun asam. Dengan semakin lancarnya pencernaan, maka penumpukan lemak, kotoran dan berbagai zat tidak penting bisa dibuang dari tubuh dan tidak menambah berat badan karena menumpuk terlalu lama.

9. Melancarkan Peredaran Darah

ersumbatnya pembuluh darah merupakan penyebab dari berbagai macam penyakit. Untuk itu penting bagi kita untuk menjaga kelancaran peredaran darah dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi ubi ungu rebus. 

10. Melindungi Kardio

Mengkonsumsi makanan tinggi akan serat seperti ubi ungu sangat baik untuk menjaga sistem kardiovaskular yang secara otomatis juga akan mengurangi berat badan sebab tidak ada penumpukan lemak di area jantung. Ubi ungu juga bertindak dalam penurunan kadar kolesterol jahat, sedangkan vitamin B6 akan meluruhkan homocysteine yakni zat yang bertanggung jawab terhadap kerusakan pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung dan penimbunan lemak. Sedangkan kalium dalam ubi ungu berperan dalam menetralisir efek natrium dalam tubuh untuk mengendalikan tekanan darah dan penimbunan air yang menyebabkan berat badan semakin bertambah.