Jerawat adalah suatu kondisi kulit normal yang mempengaruhi banyak orang. Jerawat adalah peradangan kulit di mana kelenjar minyak terinfeksi dengan bakteri, membengkak, dan tersumbat dengan nanah. Jerawat umumnya terjadi pada wajah, leher, punggung, dan bahu. Meskipun bukan kondisi kritis, jerawat bisa membuat seseorang depresi karena penampilan mereka. Tidak heran banyak sekali obat-obatan dan krim perawatan wajah yang memberi iming-iming untuk membasmi jerawat dengan cepat.

1. Joging

Sebelum memulai aktivitas, cobalah jogging minimal 30 menit setiap hari atau usai pulang kantor. Jogging memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit terutama untuk menjaga kelembaban dan membantu mencerahkan kulit sehingga kulit terhindar dari jerawat.

Kok bisa sih? Jogging mampu meningkatkan aliran darah dalam tubuh sehingga kulit mendapat lebih banyak oksigen. Selain itu juga membuat kamu berkeringat. Berkeringat juga membantu membersihkan pori-pori tubuh. Oleh karena itu, olahraga ini mampu mengatasi  jerawat.

2. Senam Pilates

Pilates ternyata olahraga yang mampu mengobati dan mencegah jerawat karena dengan pilates pori-pori wajah kamu akan segar dan terhindar dari penyumbatan minyak.

Olahraga yang dikembangkan oleh fisikawan, Joseph Pilates ini  lebih menekankan kamu untuk mampu mengontrol kebugaran fisik sehingga dapat menjaga kebugaran dan kesehatan, tak terkecuali kulitmu. Selain itu juga mampu mengatasi rasa stress ditengah deadline yang menanti.

3. Senam Yoga

Kalau olahraga yang satu ini memang banyak manfaatnya, termasuk memberantas jerawat membandel. Nggak percaya? Meski gerakan-gerakan yoga terlihat lemah gemulai, tapi dijamin, yoga bisa bikin kamu bercucuran keringat. Dan, yang terpenting adalah yoga mampu menghilangkan stress. Berawal dari stress berlebihan lah jerawat muncul. So, jangan kebanyakan mikir ya.

4. Senam Aerobik

Senam aerobik bukan hanya dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh dan kebugaran saja. Namun, Anda bisa menghilangkan jerawat dengan melakukan senam aerobik secara rutin. Aerobik mampu meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan juga mengaktifkan kekebalan tubuh. Dengan melakukan aerobik secara rutin, Anda bisa mengurangi peradangan jerawat dan membuat kulit wajah lebih sehat.

5. Rutin Mencuci Wajah Sesudah Olahraga

Banyak wanita yang tak ingin menghapus makeup ketika berolahraga. Hal ini merupakan penyebab utama timbulnya jerawat pada wajah. Jerawat yang hadir diakibatkan tersumbatnya pori-pori oleh makeup, kotoran dan debu sehingga menimbulkan jerawat pada wajah.