Kanker adalah salah satu hal mengerikan yang bisa terjadi pada siapa pun. Makanya, wajar kalau saat ini makin banyak orang yang peduli terhadap pencegahan kanker. Mereka memulai dengan hidup sehat melalui makanan yang dikonsumsinya. Menurut beberapa penelitian, makanan dan minuman tertentu dapat meningkatkan risiko berkembangnya kanker di dalam tubuh, terutama jika dikonsumsi terlalu sering. Berikut beberapa makanan yang harus Anda hindari jika tidak ingin tervonis kanker:

Daging Olahan 

Makanan seperti ham, kalkun, daging, sosis, dan bahkan hot dog, sarat dengan bahan pengawet kimia yang membantu daging tampil segar. Pengawet ini dapat menyebabkan kanker dalam tubuh manusia. Zat natrium nitrat dan natrium nitrit  yang terkandung dalam daging olahan meningkatkan resiko kanker usus. Maka sebelum Anda mengkonsumsi daging olahan tidak ada salahnya untuk membaca kandungan yang ada. 

Saus Tomat Kaleng

Saus tomat kalengan mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai bisphenol-A, atau BPA. Bahan kimia ini sangat beracun bagi tubuh manusia dan akan mempercepat pertumbuhan sel-sel kanker.

Kentang Goreng

French fries, seperti keripik kentang, memiliki tingkat akrilamida, yaitu zat karsinogenik yang terbentuk dalam makanan pada suhu tinggi, ketika dipanggang atau digoreng. Studi menunjukkan bahwa bahan ini akan meningkatkan risiko berbagai jenis kanker dalam tubuh manusia

Soda

Soda dapat menyebabkan kanker jika dikonsumsi secara berlebihan. Minuman berwarna-warni cenderung mengandung banyak gula, bahan kimia makanan, dan pewarna. Zat-zat tersebut akan membantu mengasamkan tubuh dan menimbulkan pertumbuhan sel kanker.

Buah Terpapar Pestisida

Environmental Working Group menemukan bahwa 98 persen dari produk konvensional, terutama buah-buahan, terkontaminasi pestisida penyebab kanker. Ketika dimakan oleh ibu hamil, kemungkinan bayi lahir dengan berat badan kurang. Selain itu, bahan kimia ditemukan pada apel, jeruk, stroberi, dan anggur. Sebanyak 90 persen dari buah-buahan ini ditemukan mengandung residu pestisida. Sayangnya, mencuci buah tidak selalu membantu menghilangkan residu ini.

Minyak Terhidrogenasi

Minyak terhidrogenasi yang biasa digunakan untuk mengawetkan makanan olahan akan terjebak di dalam perut dalam waktu lama. Minyak ini cenderung mengubah struktur dan integritas membran sel dalam tubuh manusia, dan mengarah ke penyakit kanker

Alkohol

Alkohol dipercaya sebagai sumber masalah kesehatan dalam tubuh manusia, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Saat ini, alkohol adalah penyebab kedua pemicu kanker setelah tembakau. Sebuah studi di Amerika mengungkapkan bahwa dari 200 ribu wanita yang minum satu gelas alkohol per hari mengalami peningkatan hampir 30 persen kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak minum sama sekali.

Gula Halus

Gula halus terbukti mempercepat lonjakan tingkat insulin dan menumbuhkan sel-sel kanker pada tubuh manusia. Sel-sel kanker ditemukan muncul dengan cepat dan mudah menyebar ke seluruh tubuh pada meeka yang terlalu banyak mengonsumsi gula halus. Cookies, kue, pie, soda, sereal, saus, jus, dan banyak makanan olahan lainnya merupakan produk yang banyak mengandung gula halus.