Teh hijau (ryokucha) adalah teh yang sangat umum di Jepang sehingga bila disebut “teh” (ocha) maka kemungkinan besar yang dimaksudkan adalah teh hijau, dan baru disebut sebagai teh Jepang (nihoncha) kalau memang tersedia pilihan teh yang lain. Teh biasanya dijual dengan harga yang bergantung pada kualitas dan bagian dari tanaman yang dibuat teh.

Membantu Memobilisasi Lemak dari Sel Lemak

Manfaat teh hijau yang pertama untuk penurunan berat badan adalah memindah lemak yang ada di dalam sel lemak. Sebab untuk membakar lemak, hal pertama yang harus terjadi adalah memecah sel lemak untuk kemudian dipindahkan ke aliran darah. Proses ini bisa kamu dapatkan dari minum teh hijau sebab minuman ini mengandung senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dan kafein.

Menahan Mengkonsumsi Kalori Yang Berlebih

Manfaat teh hijau lainnya untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi nafsu makanmu. Sebab salah satu rahasia agar penurunan berat badan ini bisa berlangsung maksimal adalah kamu harus mengontrol jumlah kalori yang kamu konsums

Meningkatkan Pembakaran Lemak

Kamu ingin lemakmu yang dibakar lebih banyak, terutama saat olahraga? Minumlah teh hijau. Ya, manfaat teh hijau lainnya adalah untuk meningkatkan jumlah lemak yang dibakar ketika kamu sedang olahraga. Hal ini terlihat dari penelitian yang membuktikan bahwa orang yang minum teh hijau sebelum olahraga membakar 17% lemak lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau.

Meningkatkan Oksidasi Lemak

Berdasarkan penelitian eksperimental dari Unila, Indonesia, Teh Hijau memiliki senyawa EGCG atau Epigallocatechin gallate. Penelitian ini menunjukkan EGCG dapat meningkatkan oksidasi lemak yang mempermudah proses pemecahan lemak ke aliran darah. Semakin cepat lemak yang dipecahkan tentu semakin cepat berat badan akan turun.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Agar penurunan berat badan yang kamu jalani bisa berlangsung sukses, maka kamu perlu memiliki sistem metabolisme tubuh yang baik. Dan kamu bisa mencapainya secara alami dengan bantuan teh hijau.

Menghilangkan Lemak Abdominal

Lemak abdominal adalah jenis lemak yang bersarang di bawah kulit dan bersifat berbahaya. Sebab lemak ini terkait dengan munculnya peradangan dalam tubuh, resistensi insulin, dan penyakit jantung. Beberapa penelitian menemukan bahwa rutin minum teh hijau berguna untuk membakar lemak ini secara signifikan.