Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. 

Hampir semua orang menyukai makanan berbahan dasar jagung, rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut, pas di hampir semua lidah. Berikut manfaat jagung bagi kesehatan :

1. Baik Untuk Pencernaan

Jagung merupakan salah satu makanan kaya serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu, konsumsi jagung mampu membuat buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari masalah sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.

2. Sumber Energi

Jagung termasuk sayuran bertepung yang mampu memberikan energi pada tubuh. Termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks membuat konsumsi makan ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga energi pun berlangsung stabil.

3. Mencegah Sakit Jantung

Jagung manis kaya akan folat yang dikenal sebagai vitamin B9. Vitamin ini membantu menurunkan asam amino yang ada dalam pembuluh darah tubuh. Meningkatkan asam amino bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah yang kemudian menyebabkan masalah jantung. Konsumsi jagung manis untuk menurunkan risiko terkena masalah jantung dan mencegah kerusakan pada jantung Anda.

4. Menurunkan Kolesterol

Jika Anda memiliki masalah dengan tingkat kolesterol tinggi, jagung manis bisa membantu Anda menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Secara tak langsung jagung manis juga mencegah penyakit jantung.

5. Sumber Kalori

Jagung merupakan sumber yang kaya kalori dan sering dijadikan makanan pokok. Kandungan kalori jagung adalah 342 kalori per 100 gram, yang merupakan salah satu jenis sereal yang tinggi. Hal tersebut membuatnya jagung sering dikonsumsi untuk mendapatkan berat badan yang cepat. Kondisi pertumbuhan jagung yang fleksibel, membuatnya penting bagi kelangsungan hidup puluhan negara berbasis pertanian.

6. Manfaat Saat Kehamilan

Jagung kaya asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Kekurangan asam folat pada wanita hamil sebabkan bayi lahir dengan berat badan kurang serta cacat saraf.

7. Menjadikan Kulit Lebih Awet Muda

Kandungan antioksidan dalam jagung yang melimpah dapat membantu untuk menutrisi seluruh jaringan kulit pada tubuh. Jagung dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif agar kulit menjadi lebih awet muda dan tampil fresh.

8. Mencegah Diabetes

Jagung mengandung fitokimia yang dapat mengatur penyerapan dan pelepasan hormon insulin dalam tubuh. Jagung merupakan salah satu makanan yang bergizi yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh manusia.

9. Mengurangi Resiko Wasir

Dalam secangkir jagung mengandung serat yang dapat mencukupi sekitar 18,4% serat dari jumlah kecukupan harian yang dibutuhkan dan dapat mencegah masalah pencernaan seperti ambeien dan sembelit. Serat dapat membantu melancarkan buang air besar, yang dapat merangsang gerak peristaltik serta merangsang produksi asam lambung dan juga empedu.

10. Mencegah Anemia

Apakah Anda memiliki masalah anemia? Jika Anda didiagnosis menderita anemia maka konsumsilah jagung karena manfaat jagung rebus bisa mencegah anemia. Jagung mengandung zat besi yang cukup.