Alpukat menjadi salah satu buah tropis yang begitu difavoritkan. Ditambah lagi buah ini memang dikenal karena memiliki manfaat besar buat manusia, baik itu dikonsumsi langsung atau dimanfaatkan dalam bentuk lainnya Kandungan alpukat atau avokad yang sejauh ini telah diketahui adalah kalium, magnesium, lutein, karbohidrat, protein, dan asam folat. Aneka vitamin seperti vitamin A, B, C, E, dan K juga terdapat dalam buah. Kelebihan lainnya adalah rendah akan kandungan gula, namun kaya akan lemak dan serat. Walaupun buah ini tinggi lemak, namun tetap aman bila dikonsumsi secara tidak berlebihan, karena lemak yang dikandungnya adalah lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal.

Mencegah Resiko Kanker

Kanker memang diketahui termasuk salah satu penyakit mematikan di dunia. Alpukat yang dikenal memiliki senyawa antioksidan akan bantu menangkal radikal bebas yang akan jadi perusak DNA dalam sel yang dapat mengakibatkan kanker. Konsumsi alpukat rutin juga bisa bantu kurangi resiko kanker prostat dan payudara juga lho!

Baik untuk Menjaga Berat Badan dan Kesehatan Jantung

Orang dewasa yang mengonsumsi alpukat kemungkinan memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Mereka yang mengonsumsi buah ini biasanya memiliki pola makan yang juga sehat, seperti rajin makan sayuran dan diet rendah gula. Hal ini berpengaruh kepada kestabilan berat badan, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh. Konsumsi alpukat juga baik bagi sistem metabolisme tubuh, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Mencegah Resiko Diabetes

Salah satu penyakit yang sering menjadi pemicu penyakit dalam lainnya adalah diabetes. Salah satu manfaat buah alpukat inilah yang bisa digunakan untuk mencegah resiko diabetes. Pasalnya pada alpukat terdapat asam oleat yang akan membantu mencegah DM. Lemak tak jenuh dalam alpukat juga memiliki fungsi mengurangi kadar trigliserida dan mengontrol kadar gula darah.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol dalam tubuh memang pasti ada. Hanya saja ada kolesterol baik dan jahat. Kolesterol jahat (LDL) inilah yang harus diminimalisir keberadaannya. Alpukat memiliki senyawa beta-sitosterol yang terbukti dapat membantu turunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Baik Untuk Osteoporosis

Manfaat alpukat yang juga banyak tak diketahui orang adalah untuk pencegahan osteoporosis atau keropos tulang. Alpukat memiliki vitamin K, yang tak kalah pentingnya dari vitamin D dan kalsium dalam hal kesehatan tulang. Vitamin K akan meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga kesehatan tulang bisa terjaga dengan maksimal.

Baik Untuk Perkembangan Janin

Di atas sudah disebutkan kalau alpukat memiliki kandungan asam folat. Kandungan ini juga penting lho untuk perkembangan janin dalam rahim. Konsumsi asam folat yang mencukupi akan membantu mencegah keguguran dan mengurangi risiko kecacatan.