Sebagai salah satu buah yang sangat populer, apel pun menjadi idola dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain karena rasanya yang gurih dan manis, apel juga dikenal dengan kandungan nutrisinya yang kaya. Berikut kandungan nutrisi buah apel :

Sumber Foto: Google.com

Menjaga Sistem Pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit dan iritasi usus besar kerap dialami ibu hamil. Apel mengandung banyak serat yang bisa membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap berjalan lancar.

Mengurangi Mual dan Muntah

Perut ibu hamil menjadi lebih sensitif karena meningkatnya asam lambung, di mana hal itu bisa memicu rasa mual dan muntah. Nutrisi dalam apel memiliki fungsi yang dapat menurunkan asam lambung. Rasa asam pada buah tersebut mengurangi rasa mual dan muntah yang dirasakan oleh ibu hamil.

Menurunkan Kolesterol

Selama hamil bisa saja terjadi kenaikan kadar kolesterol yang dapat berisiko tidak hanya bagi ibu tetapi juga janin. Untuk itu, dengan mengkonsumsi apel hijau selama masa kehamilan dapat membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh ibu.

Mencegah Kerusakan DNA

Tubuh akan mengalami banyak perubahan ketika hamil, dan hal ini bisa merusak DNA yang ada dalam tubuh- yang pada akhirnya akan menyebabkan kanker. Apel hijau mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah kerusakan DNA dalam tubuh, dan menangkal radikal bebas.

Mencegah Pre-eklamsia

Salah satu tanda ibu hamil yang menderita keracunan kehamilan atau Pre-eklampsia ialah dengan kenaikan tekanan darah. Pre-eklampisa pada ibu hamil harus segera ditangani dan diatasi karena jika tidak dapat menyebabkan keguguran. Untuk itu, ibu hamil perlu menjaga agar tekanan darahnya tetap terkontrol dengan baik selama masa kehamilan; salah satu caranya ialah dengan mengkonsumsi buah apel karena banyak mengandung vitamin yang penting bagi tubuh.

Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin yang Sehat

Ibu yang sehat, meningkatkan kualitas janin yang sehat pula. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, ibu dapat membantu memenuhi nutrisi janinnya pula. Oleh sebab itu, mengkonsumsi apel hijau yang mengandung banyak nutrisi penting juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.