Demi menyehatkan tubuh, kita mengganti semua kebiasaan buruk kita menjadi kebiasaan sehat. Namun kamu perlu ketahui, kadangkala tak semua kebiasaan sehat tersebut baik untuk tubuh kita.

Banyak orang kini berusaha untuk mengubah gaya hidupnya, demi mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Mereka pun rela mengganti makanan siap sajinya dengan sayur dan buah-buahan, serta disiplin dalam berolahraga.

Sayangnya meskipun hal tersebut terlihat cukup baik bagi kesehatan, namun tanpa disadari ternyata ada banyak kebiasaan sehari-hari yang dapat memperburuk kondisi kesehatan tubuh. Beberapa kebiasaan tersebut, berikut sembilan di antaranya:

Meminum Kopi Setelah Bangun Tidur

Memang, kopi dapat membuat metabolisme tubuh berjalan lebih cepat dan mengurangi resiko penyakit diabetes. Walau begitu, meminum kopi ketika baru bangun tidur di pagi hari memiliki dampak negatif yang lebih banyak.

Banyak yang memutuskan untuk mengganti gula agar mengurangi risiko kegemukan. Salah satu hal yang dianggap jadi solusi adalah menggunakan pemanis buatan, atau mengonsumsi makanan dan minuman berlabel ‘bebas gula’.

Sumber Foto: Google.com

Olahraga Terus-menerus

Memang benar bahwa olahraga menjadi syarat mutlak untuk tetap sehat, namun bukan berarti kamu harus melakukannya secara intens dan terus-menerus. Ahli mengatakan bahwa berolahraga secara ekstrem tidak akan memberimu manfaat yang sebenarnya.

Setidaknya berilah waktu jeda untuk memberikan kesempatan bagi tubuh agar pulih, karena bisa berisiko membuatmu naik berat badan. Alasannya karena adanya akumulasi lemak yang diakibatkan dari produksi kortisol atau hormon stres.

Duduk Sepanjang Hari

Terlalu banyak duduk merupakan masalah yang sering dialami mereka yang bekerja di kantor. Rata-rata, waktu yang dihabiskan dari duduk di transportasi menuju lokasi kerja, duduk ketika makan, duduk di meja kerja, hingga duduk di rumah setelah pulang kerja bisa mencapai 13 jam.

“Banyak studi yang telah mengungkapkan bahwa kebiasaan duduk terus-menerus ini dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan fisik dan mental, dari peningkatan resiko kanker, diabetes, penggumpalan darah, hingga penurunan fokus dan produktivitas,” 

Tidak Memerhatikan Asupan Gula

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, jumlah gula yang maksimal dikonsumsi laki-laki dewasa sebanyak 9 sendok teh, sedangkan perempuan dewasa 6 sendok teh. Namun rata-rata orang Amerika mengonsumsi 19,5 sendok teh tiap hari.

Gula ditambahkan ke dalam berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari, terutama pada makanan dan minuman kemasan. Makanan yang dianggap sehat seperti yogurt, granola, dan selai kacang pun mengandung jumlah gula yang tinggi.

Sumber Foto : Google.com

Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap memang nyaman, tetapi berbahaya. Pada posisi ini kita akan sulit bernafas, leher berada dalam posisi yang tidak wajar, sirkulasi darah menjadi lebih buruk, dan tulang belakang leher berada dalam bahaya. Selain itu, akan menimbulkan kerutan yang bersifat konstan dan tidak bisa hilang pada wajah kita.

Sumber Foto: Google.com