sumber foto: hawagym.com

Osteoporosis adalah penyakit yang ditandai dengan penurunan kepadatan tulang, dimana tulang menjadi berpori, sehingga penderita osteoporosis sangat rapuh terhadap trauma, dan fraktur. Semakin bertambahnya umur seseorang, semakin besar ia berisiko mengalami osteoporosis, yang sering menyerang wanita ketika sudah memasuki usia menopause. Kekurangan kalsium yang menjadi penyebab osteoporosis. Berikut beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam usaha proses menjalani pola hidup sehat untuk mencegah osteoporosis yang tepat:

1. Berolahraga dengan Rutin

Olahraga adalah cara paling sederhana untuk menangkal segala penyakit. Aktivitas fisik akan membiasakan tulang dan otot menerima tekanan (impact) agar kepadatannya tetap terjaga. Namun, olahraga angkat beban merupakan salah satu alternatif terbaik untuk memperkuat tulang dan otot, karena bisa merangsang sel pembentuk tulang (osteoblas). Bila tidak sanggup dan tidak sempat berolahraga berat pun tidak masalah. Yang terpenting adalah melakukannya secara rutin.

2. Cukup Asupan Kalsium

Meningkatkan kepadatan tulang dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi kalsium yang cukup. Minum 2 gelas susu dan tambahan vitamin D setiap hari, dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang pada wanita setengah baya yang sebelumnya tidak mendapatkan cukup kalsium. Penting adanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium setiap harinya. Adapun dosis harian yang dianjurkan untuk usia produktif adalah 1000 mg kalsium per hari, sementara untuk usia lansia dianjurkan 1200 mg per hari.

3. Memperhatikan Asupan Vitamin D

Selain kalsium, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan vitamin D. Sumber utama vitamin D adalah paparan sinar matahari. Berjemurlah di bawah paparan sinar matahari pagi atau sore setidaknya 5 sampai 10 menit setiap hari. Anda pun juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dari makanan seperti ikan (sarden, tuna, dan salmon), telur, susu, jamur kancing, hati sapi, dan lain sebagainya.

4. Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Remaja yang beranjak dewasa sangat rentan dengan rokok dan alkohol akibat pergaulan. Padahal, kedua hal tersebut bisa membahayakan kesehatan Anda, termasuk meningkatkan risiko osteoporosis. Pasalnya, nikotin dalam asap rokok serta alkohol dapat mengurangi aliran darah ke tulang, menghambat produksi sel pembentuk tulang, dan menghambat penyerapan kalsium.

5. Pilih Makanan yang dapat Menyehatkan Tulang dan Sendi

Memilih makanan merupakan salah satu cara untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang serta persendian. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, vitamin D, vitamin K. Vitamin C berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh dan juga merawat tulang rawan pada persendian.