Kacang hijau adalah salah satu bahan makanan yang cukup populer di Indonesia. Masyarakat Indonesia biasanya mengolah kacang hijau menjadi bubur kacang hijau. Meski dianggap sebagai camilan, faktanya terdapat beragam manfaat kacang hijau atau manfaat bubur kacang hijau yang berguna bagi tubuh.

Semua orang tentu mengenal yang namanya kacang hijau. Kacang yang kaya akan serat serta rendah kalori ini sangat berguna untuk kesehatan. Kandungan protein, karbohidrat, vitamin serta nutrisi yang dimiliki kacang hijau bermanfaat untuk mengobati diabetes.

Dalam secangkir kacang hijau memiliki kandungan sekitar 60 kalori, rendah kolesterol, serta sumber vitamin A, vitamin C, magnesium, tembaga, besi yang baik untuk tubuh. Kacang hijau termasuk juga salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa digunakan untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dan Tekanan Darah

Manfaat kacang hijau yang bisa didapatkan adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, karena kacang hijau mengandung serat yang tinggi, kacang hijau juga bermanfaat untuk menjaga fungsi usus, memperlancar proses pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

2. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Kandungan magnesium pada kacang hijau dipercaya dapat menurunkan risiko osteoporosis pascamenopause pada wanita dan dapat meningkatkan kepadatan tulang serta pembentukan sel-sel tulang.

3. Baik Untuk Penderita Diabetes

Selain menurunkan risiko osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang, manfaat bubur kacang hijau lanjutannya adalah baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Semua ini berkat kandungan magnesium di dalam kacang hijau. Tidak hanya itu, khasiat kacang hijau lainnya adalah baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan gejala sindrom pramenstruasi.

4.  Dapat Menurunkan Berat Badan

Dengan mengonsumsi kacang hijau membuat seseorang merasa mudah kenyang sehingga bagus untuk diet. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi.

5. Untuk Ibu Hamil Serta Janin

Orang-orang jaman dulu menyarankan pada wanita hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau. Saran itu diamini oleh medis lantaran berdasarkan riset kandungan protein dalam kacang hijau sangat bermanfaat untuk perkembangan sel. Wanita yang sepanjang kehamilan rajin mengkonsumsi kacang hijau umumnya memiliki bayi dengan rambut lebat.

6. Mengatasi sembelit

Kacang hijau adalah salah satu sumber karbohidrat yang baik. Pada saat masuk ke dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang berguna sebagai bahan bakar atau energi. Glukosa yang tidak terpakai akan berubah menjadi glikogen pada hati dan otot.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Karena kandungan serat dan pati di dalam kacang hijau, makanan yang berwarna hijau ini baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat kacang hijau mengurangi risiko jantung dan menurunkan tekanan darah. Hal diduga berkaitan dengan sifat antiradang dan antioksidan di dalamnya.