Kanker serviks merupakan salah satu penyakit mematikan bagi wanita. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), kanker serviks adalah kanker ke-4 yang paling sering dialami oleh kaum perempuan. Itu sebabnya, pencegahan kanker serviks perlu diketahui setiap wanita. Bagaimana cara mencegah kanker serviks?

Apa Itu Kanker Serviks?

Kanker serviks adalah kanker pada leher rahim yang merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita. Serviks atau leher rahim berada di antara vagina dan rahim.

Kanker ini dipicu oleh human papillomavirus (HPV). Meskipun tidak semua wanita dengan HPV dapat mengembangkan kanker serviks, namun jika sudah terkena HPV, artinya Anda memiliki risiko tinggi terkena kanker serviks. HPV sendiri juga dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Kanker yang dideteksi sejak dini akan dapat lebih mudah diatasi, tapi lebih bagus lagi jika kanker dapat dicegah sejak awal. Kanker serviks dapat menyerang setiap wanita, sehingga pengetahuan tentang pencegahan kanker serviks juga seharusnya diketahui oleh setiap wanita.

Berikut adalah beberapa langkah cara mencegah kanker serviks yang dapat dilakukan:

1. Pemeriksaan Pap Smear Rutin

Melakukan pemeriksaan Pap smear secara rutin dapat menjadi salah satu cara mencegah kanker serviks.

Pap smear adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengambil sampel sel-sel serviks untuk mengetahui ada tidaknya sel yang berpotensi berkembang menjadi kanker. Sel yang berpotensi berkembang menjadi kanker memang belum pasti akan berkembang menjadi kanker, tapi lebih baik jika disingkirkan sejak awal.

2. Pemeriksaan HPV Rutin

Selain pemeriksaan Pap smear, tes HPV juga merupakan tes yang penting untuk dilakukan sebagai pencegahan kanker serviks.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kanker serviks berkembang dari HPV. Tes HPV dapat dilakukan sendiri atau dapat juga dikombinasikan dengan Pap smear. Wanita dengan usia di atas 30 tahun disarankan untuk melakukan tes HPV atau HPV dengan Pap smear setiap 5 tahun sekali.

3. Menghindari Rokok

Jika tidak ingin terkena kanker serviks, rokok adalah salah satu yang harus Anda hindari karena rokok adalah salah satu faktor risiko terbesar kanker serviks.

Wanita yang merokok dan menghirup asap rokok memiliki peningkatan risiko kanker serviks di antara para wanita yang terinfeksi HPV. Risiko semakin meningkatkan pada wanita yang merokok lebih banyak dengan jangka waktu yang lebih lama.

4. Menggunakan Celana Dalam yang Tepat

Selain menjaga kebersihan vagina, wanita harus mengenakan celana dalam berbahan katun atau yang terbuat dari serat kapas. Kapas tidak dapat menahan kelembapan dan membuat vagina tetap dingin.

Selama menstruasi, wanita juga harus mengganti pembalut secara teratur. Begitupun wanita yang sering mengalami keputihan harus mengganti pakaian dalam dua atau tiga kali sehari.

5. Menjaga Berat Tubuh Ideal

Menjaga berat tubuh ideal juga bisa menjadi langkah pencegahan kanker serviks.

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis, termasuk kanker serviks. Sedangkan berat tubuh di bawah ideal juga dapat menurunkan sistem imun yang membuat tubuh juga lebih rentan terhadap penyakit.

Menjaga berat tubuh ideal dapat dilakukan dengan cara menjaga asupan makanan seimbang gizi dan olahraga secara rutin.