Wabah virus corona membuat banyak orang khawatir untuk melakukan aktivitas harian seperti sebelumnya. Terutama ketika aktivitas tersebut dilakukan di tempat banyak orang berkumpul, dan melibatkan sentuhan pada benda-benda umum. Salah satunya adalah di gym atau pusat kebugaran.

Pada 11 Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi mengubah klasifikasi COVID-19 dari keadaan darurat kesehatan publik menjadi pandemi, sebagaimana dilansir dari laman Medicalnewstoday.

Atas hal itu, ada banyak tips terkait pencegahan corona ini seperti mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air, tidak menyentuh wajah, menutupi batuk atau bersin dan tetap berolahraga karena aktivitas fisik dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika Anda sering melakukan olahraga gym atau fitness, berikut hal yang dapat dilakukan agar tetap aman:

1. Kenakan Sarung Tangan Angkat Beban

Aubree menyarankan untuk memakai sarung tangan kain selama latihan. Secara teknis virus tidak menembus kulit, namun memakai sarung tangan bisa mencegahmu menyentuh wajah. Setelah melepas sarung tangan, kita juga masih harus mencuci tangan.

2. Bersihkan Peralatan Gym

Penelitian telah menunjukkan bahwa permukaan fasilitas atau peralatan kebugaran berpotensi adanya virus. Meskipun tidak jelas berapa lama COVID-19 dapat bertahan di permukaan, penelitian menunjukkan bahwa jenis corona lain dapat melakukannya selama dua jam hingga sembilan hari. Banyak pusat kebugaran bersikap proaktif dengan peralatan pembersih dan disinfektan mengingat banyaknya jumlah kasus COVID-19. Meski demikian, Anda tetap harus membersihkan peralatan sebelum dan setelah menggunakannya, kata Gordon. Jika Anda lebih suka menggunakan handuk untuk menyeka keringat saat berolahraga, perhatikan di mana handuk tersebut disimpan, lebih baik berada jauh dari wajah.

3. Menghindari Jam Ramai

Cobalah rencanakan kunjungan gym tidak pada waktu yang ramai pengunjung. Dengan begitu, kita tahu di sana akan lebih sedikit orang yang menyentuh dan menggunakan peralatan. Batasi sentuhan fisik, seperti jabat tangan atau “hi five”, saat berada di sana. Pastikan untuk mencuci tangan dengan benar saat tiba dan sebelum pergi.

4. Membersihkan Tangan Saat Istirahat

Kondisi tangan yang kotor bisa menjadi sarang kuman, sehingga disarankan selalu mencuci tangan sehabis olahraga. Biasanya, di sela istirahat beberapa orang akan melakukan aktivitas lain, seperti makan, minum, dan sebagainya.

Untuk terhindar dari berbagai penyakit, sebaiknya mencuci tangan dengan air bersih dan sabun. Pastikan juga menggosok semua bagian tangan dengan baik dan benar agar semua kotoran di tangan hilang.